Liburan ke Museum Uang Sumatra, Temukan Keunikan Koleksi Uang Kuno dari Berbagai Zaman

Liburan ke Museum Uang Sumatra, Temukan Keunikan Koleksi Uang Kuno dari Berbagai Zaman

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID -  Berwisata itu tidak hanya melulu untuk healing atau hiburan semata saja, namun juga dapat bermanfaat untuk mengedukasi serta dapat menambah pengetahuan.

Museum ini merupakan salah satu tempat yang dapat menawarkan berbagai pengetahuan dan wawasan tentang sejarah serta budaya yang ada di suatu daerah.

Di Indonesia, terdapat banyak museum yang sudah memiliki koleksi yang menarik untuk diintip, salah satunya itu adalah Museum Uang Sumatera (MUS).

Museum Uang Sumatera itu terletak di kota Medan, Sumatera Utara.

BACA JUGA:Cegah Banjir, Tanjung Setia Normalisasi Aliran Sungai

Daya tarik yang ada dari museum ini karena MUS tidak akan menyajikan koleksi uang dari bank umum Indonesia, namun yang disajikan itu adalah uang kuno dari era kerajaan hingga sampai uang dari masa penjajahan VOC di Pulau Sumatera.

Kabarnya museum ini juga merupakan salah satu destinasi wisata kolektor uang pertama di Sumatera yang di bahkan Indonesia.

Agar dapat tahu lebih banyak mengenai MUS, kita intip keunikan dari wisata edukasi yang satu ini!

Museum Uang Sumatera ini adalah tempat yang cocok agar para penggemar uang kuno dan bagi siapa saja yang tertarik pada sejarah mata uang dapat mengunjunginya yang berada di Pulau Sumatera.

BACA JUGA:Siap-Siap! Polres Pesisir Barat Akan Gelar Operasi Zebra Krakatau, Ini 7 Prioritas Pelanggarannya

Museum ini juga merupakan museum uang pertama yang berdiri di Sumatera dan sudah diresmikan pada tahun 2017.

Letaknya berada di lantai 2 Gedung Juang 45, Jalan Pemuda, Kota Medan, yang mana museum ini didirikan oleh kolektor uang yang peduli dengan sejarah Indonesia bernama Saparudin Barus.

Saparudin Barus ini merupakan salah seorang Perwira Menengah TNI Angkatan Udara (AU) yang sangat mempunyai hobi mengumpulkan uang kuno dari berbagai daerah selama 25 tahun.

Dari kegemarannya itu ia meneliti uang kuno, dan sudah banyak terungkap sejarah yang belum terekspos selama ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: