Cegah Banjir, Tanjung Setia Normalisasi Aliran Sungai

Cegah Banjir, Tanjung Setia Normalisasi Aliran Sungai

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID — Sebagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya banjir yang disebabkan luapan sungai terutama saat musim penghujan. 

Pemerintah Pekon Tanjung Setia Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), melakukan kegiatan normalisasi aliran sungai di Pemangku I dan II di Pekon setempat.

Peratin Tanjung Setia, Iswandi, mengatakan, normalisasi aliran sungai yang dibiayai melalui anggaran dana desa tahun 2023 itu sudah lama dinantikan masyarakat. 

Mengingat kondisi aliran sungai sudah mengalami pendangkalan. 

BACA JUGA:Siap-Siap! Polres Pesisir Barat Akan Gelar Operasi Zebra Krakatau, Ini 7 Prioritas Pelanggarannya

Sehingga, jika musim penghujan berdampak pada kondisi aliran sungai hingga meluap ke pemukiman warga.

“Karena itu, di tahun anggaran 2023 melalui dana desa di Pekon Tanjung Setia ini dilakukan pengerukan atau normalisasi aliran sungai yang melintasi kawasan pemukiman warga,” katanya.

Dijelaskannya, dalam kegiatan normalisasi aliran sungai di Pemangku I dan II itu dengan panjang 1.500 meter, dan lebar empat meter, sedangkan untuk kedalamannya sekitar dua meter. 

Diharapkan dengan dilakukan normalisasi aliran sungai itu kedepan saat musim penghujan aliran sungai tersebut berjalan lancar dan kembali normal serta tidak lagi menyebabkan banjir, karena jika terjadi banjir jelas sangat berdampak terhadap masyarakat setempat.

BACA JUGA:Kader PKK dan Warga Antusias Ikuti Senam Sehat Pekon Sukaraja

“Kita juga berharap kepada masyarakat yang ada di Pekon Tanjung Setia ini untuk ikut menjaga dan merawat kondisi aliran sungai yang telah dinormalisasi tersebut,” jelasnya.

Sehingga, kata dia, jika sungai itu terawat dengan baik, mudah-mudahan aliran sungai bisa terus berjalan lancar sampai ke muara sungai yakni menuju laut. 

Pihaknya juga mengimbau agar masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan di sungai, karena itu jelas akan berdampak terhadap lingkungan, terlebih aliran sungai di wilayah ini langsung menuju ke laut. 

Mudah-mudahan kegiatan normalisasi aliran sungai yang ada di Pekon ini juga bisa bertahan lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: