Kwarcab Pesisir Barat Gelar Upacara Peringatan HUT Pramuka ke-62

Kwarcab Pesisir Barat Gelar Upacara Peringatan HUT Pramuka ke-62

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Kwartir Cabang (Kwarcab), Gerakan Pramuka, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), melaksanakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka ke-62 tahun 2023, yang dipusatkan di Lapangan Merdeka, Pantai Labuhan Jukung, Kecamatan Pesisir Tengah, Kamis 31 Agustus 2023.

Hadir dalam kesempatan itu, Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Pesbar sekaligus menjadi Pembina Upacara Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H, M.H., Ka Kwarcab Septi Istiqlal., Ketua Harian Kwarcab Pesbar Drs. Jon Edwar, M. Pd., jajaran Forkopimda dan peserta upacara mulai dari Ka Mabiran, Ka Kwaran, Pembina, Pramuka Penegak, Penggalang dan Siaga.

BACA JUGA:Puskesmas Air Hitam Gencarkan Imunisasi HPV dan BIAS

Dalam amanatnya, Agus Istiqlal menyampaikan pembentukan karakter yang tangguh bagi generasi muda merupakan hal yang amat penting dan bahkan menentukan nasib bangsa dan negara di masa depan.

“Kita juga telah sering mendengar perlunya generasi muda memiliki kepribadian yang kuat, bersemangat, ulet, pantang menyerah, disiplin, inovatif serta mampu bekerja keras,” kata dia.

BACA JUGA:Dandim 0410 Bandar Lampung Hadiri Kirab Pemilu 2024 Susuri Masyarakat Pesisir

Menurutnya, meski Gerakan Pramuka merupakan suatu organisasi pendidikan yang fokus pada pendidikan bagi anak-anak dan remaja, Gerakan Pramuka juga tetap aktif melaksanakan berbagai bakti masyarakat dan pembangunan masyarakat.

“Kegiatan bakti yang dilakukan para Pramuka merupakan bagian dari pendidikan karakter untuk menumbuhkan kepribadian yang beriman, berjiwa patriot, taat hukum, disiplin, peduli, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga serta membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia,” jelasnya.

BACA JUGA:Sudah Survey Perencanaan di Way Haru, Pemkab Pesisir Barat Masih Tunggu Tindak Lanjut PLN

Lanjutnya, sikap tolong menolong dan membantu yang dilakukan sejak usia muda, diharapkan dapat menumbuhkan sikap empati, berpengertian, bertoleransi, dan hidup damai bersama seluruh komponen bangsa, tanpa memandang perbedaan yang ada baik suku, agama, ras, maupun aspirasi politik.

“Pada kesempatan Upacara Peringatan Hari Pramuka ini, saya sampaikan selamat, terima kasih dan penghargaan yang tinggi, atas jasa-jasa, pengabdian, dan kerjasama kakak-kakak yang telah menerima penghargaan Gerakan Pramuka, serta adik adik yang telah mengikuti kegiatan Tingkat Nasional membawa nama baik Pesisir Barat negeri para saibatin dan ulama,” tegasnya.

BACA JUGA:Pastikan Jarak Tempuh Logistik Pemilu, KPU Pesisir Barat Akan Monitoring Seluruh TPS

Selain itu, Agus Istiqlal juga mengajak seluruh anggota pramuka untuk lebih merapatkan barisan dan menyatukan gerak langkah, khususnya pada para Majelis Pembimbing di semua tingkatan.

“Saya berharap agar dapat terus memberikan bimbingan, serta memberikan bantuan Moril dan Materil untuk kemajuan Gerakan Pramuka Pesisir Barat ini. Sehubungan dengan tahun 2024 yang akan datang kita dipercaya menjadi tuan rumah pelaksana Hari Pramuka ke-63 Tingkat Daerah Lampung,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: