Puskesmas Air Hitam Gencarkan Imunisasi HPV dan BIAS

Puskesmas Air Hitam Gencarkan Imunisasi HPV dan BIAS

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Sejak Senin 28 Agustus 2023 Tim Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Lampung Barat melakukan kunjungan secara bergilir ke sekolah-sekolah dalam rangka kegiatan Imunisasi Human Papilloma Virus (HPV) dan Imunisasi Rutin program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS). 

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut tim puskesmas didampingi para peratin dan Ketua TP-PKK masing-masing pekon sebagaimana surat edaran Sekda Lambar yang menghimbau diantaranya camat agar menginformasikan ke peratin.

Diantaranya agar dapat menggerakkan peratin, RT/RW, Posyandu, PKK serta bekerjasama dengan untuk mendukung imunisasi, untuk dapat berkoordinasi dengan puskesmas terdekat untuk imunisasi lebih lanjut.

Disampaikan Kepala Puskesmas Air Hitam Nurbaiti Jan, S.Kep., pada Kamis 31 Agustus 2023 kegiatan vaksinasi jenis baru yaitu HPV dan imunisasi BIAS yang merupakan program rutin tersebut dilaksanakan di SDN Srimenanti dan SDN Sidodadi, sedangkan beberapa hari sebelumnya di beberapa sekolah yang ada di Kecamatan Air Hitam. 

BACA JUGA:Dandim 0410 Bandar Lampung Hadiri Kirab Pemilu 2024 Susuri Masyarakat Pesisir

Dijelaskannya untuk imunisasi HPV yakni mencegah kanker serviks, ditujukan kepada anak didik perempuan usia 11 dan 12 tahun kisaran kelas V, dan akan dilakukan imunisasi yang ke 2 tahun depan (2024). Sementara imunisasi rutin dengan sasaran siswa kelas Satu SD program BIAS.

Nurbaiti Jan mengatakan sesuai edaran Sekda Lambar melalui bapak camat dalam kegiatan itu di peratin Ketua PKK baik ketua PKK Kecamatan atau pun pekon (ibu peratin) dan juga koordinator wilayah (korwil) pendidikan, kepala sekolah untuk memberikan dukungan, membersamai kegiatan Pelaksanaan vaksinasi.

Digalakkan imunisasi ini juga upaya penjaringan dan deteksi dini kesehatan anak sekolah, dan juga untuk mencegah penyakit penyakit yang dapat dicegah melalui imunisasi. 

Atas peran serta semua lini Nurbaiti mengucapkan terimakasih banyak seperti kepada muspika baik camat, tim penggerak PKK tingkat kecamatan dan pekon. 

BACA JUGA:Sudah Survey Perencanaan di Way Haru, Pemkab Pesisir Barat Masih Tunggu Tindak Lanjut PLN

Korwil pendidikan, Kepala Sekolah dan pendamping desa yang sudah mendukung dan membersamai kegiatan imunisasi tersebut. 

"Atas dukungan ini akan menumbuhkan semangat lebih kepada para siswa dalam imunisasi," imbuhnya.

Sementara Peratin Srimenanti Anggi Ismanto, S.Pd., atas nama masyarakat khususnya para orang tua siswa mengucapkan terima kasih kepada pemerintah terutama kepada petugas kesehatan yang telah menjalankan tanggung jawab untuk memberikan kesehatan kepada para tunas bangsa guna menjadi generasi yang sehat dan cerdas.

"Pola pelayanan jemput bola seperti ini tentunya sangat membantu dan meringankan para orang tua dalam menjalankan kewajiban untuk memberikan jaminan kesehatan kepada putra-putri masing-masing karena itu saya atas nama masyarakat menyampaikan terima kasih kepada pemerintah tentang perhatian di bidang kesehatan khususnya pendeteksian kesehatan sejak dini untuk anak sekolah," tandasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: