SK PPPK Keluar, Jumlah TKD di Pesisir Barat Berkurang

SK PPPK Keluar, Jumlah TKD di Pesisir Barat Berkurang

Ilustrasi Tenaga Kontrak Daerah--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Jumlah Tenaga Kontrak Daerah (TKD), di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), berkurang pasca keluarnya petikan surat keputusan (SKP) bupati tentang pengangkatan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (CPPPK) guru di kabupaten setempat.

Kabid Pengadaan dan Informasi Pegawai Eko Priyanto, S.Kom., mendampingi Kepala BKPSDM Pesbar, Sri Agustini, S.Km., mengatakan dalam perekrutan PPPK guru tahun 2022 lalu, sebagian besar merupakan TKD yang mengajar di seluruh sekolah di kabupaten setempat.

BACA JUGA:Puskesmas Air Hitam Gencarkan Imunisasi HPV dan BIAS

“Dalam pelaksanaan perekrutan PPPK tahun 2022 lalu, prioritas pendaftar merupakan guru honorer yang telah terdaftar dalam data pokok pendidikan (Dapodik) dan sebagian besar merupakan TKD dan TKS,” kata dia.

Dijelaskannya, dalam seleksi penerimaan PPPK guru tersebut, sekitar 300 orang guru TKD diterima sebagai PPPK dan sekarang status mereka sudah tidak lagi sebagai TKD.

BACA JUGA:Dandim 0410 Bandar Lampung Hadiri Kirab Pemilu 2024 Susuri Masyarakat Pesisir

“Semua guru yang telah terdaftar sebagai PPPK saat ini tidak lagi terdaftar sebagai TKD, karena sebelum SK PPPK keluar mereka sudah diberhentikan dari TKD,” jelasnya.

Menurutnya, dengan berkurangnya jumlah TKD tersebut, terutama guru tentu akan mengurangi beban APBD untuk menyiapkan gaji bagi para TKD, apalagi melalui anggaran perubahan akan kita siapkan anggaran tambahan untuk gaji TKD selama dua bulan di tahun 2023.

BACA JUGA:Sudah Survey Perencanaan di Way Haru, Pemkab Pesisir Barat Masih Tunggu Tindak Lanjut PLN

“Tahun ini anggaran kita masih akan difokuskan untuk TKD itu, dan penambahan gaji selama dua bulan yakni November dan Desember tentu membutuhkan biaya yang cukup besar,” terangnya.

Dikatakannya, dengan keterbatasan jumlah PNS dan PPPK saat ini, keberadaan TKD sangat membantu jalannya roda pemerintah dan pelayanan publik di Kabupaten Pesbar, sehingga sampai sekarang keberadaan TKD itu masih dibutuhkan.

BACA JUGA:Pastikan Jarak Tempuh Logistik Pemilu, KPU Pesisir Barat Akan Monitoring Seluruh TPS

“Tahun ini akan dilakukan perekrutan CPPPK, dengan jumlah 725 formasi, diharapkan jumlah tersebut bisa terpenuhi semua, sehingga kebutuhan TKD tidak banyak lagi,” pungkasnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: