Dana Hibah untuk Ormas di Lampung Barat Belum Terserap 100 Persen

Dana Hibah untuk Ormas di Lampung Barat Belum Terserap 100 Persen

Kepala Bakesbangpol Lampung Barat Burlianto Eka Putra, S.H--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Bantuan dana hibah untuk organisasi masyarakat (Ormas) di Kabupaten Lampung Barat hingga Minggu (27 Agustus 2023) belum terserap 100 persen.

Itu dikarenakan masih ada dua Ormas lagi yang belum melakukan penyerapan dana hibah yang bersumber dari APBD Lampung Barat tahun 2023.

“Dana hibah untuk Ormas belum terserap 100 persen karena masih ada dua Ormas yang belum melakukan penyerapan dana yaitu Keluarga Besar Batanghari Sembilan (KBBS) dan Laskar Merah Putih Indonesia (LMPI),” ungkap Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Burlianto Eka Putra, S.H.

Dijelaskan Burlianto, Pemkab Lampung Barat melalui Bakesbangpol tahun ini menganggarkan dana hibah sebesar Rp345.000.000 untuk 23 Ormas yang ada di kabupaten setempat, dan jumlah dana yang akan diterima Ormas bervariasi mulai dari Rp5 juta hingga Rp50 juta.

BACA JUGA:Mulai September, Puluhan Ruas Jalan Lingkungan di Lampung Barat akan Ditangani

“Untuk Ormas Keluarga Besar Batanghari Sembilan (KBBS) saat ini prosesnya sedang melengkapi berkas, sedangkan Laskar Merah Putih Indonesia (LMPI) belum mengajukan proposal,” kata dia.

Terkait dana hibah ini, lanjut Burlianto, apabila sampai batas akhir bulan Oktober nanti masih ada Ormas yang belum juga mengajukan pencairan dana hibah maka pihaknya akan memberikan surat pemberitahuan kepada ormas yang bersangkutan yang ditandatangani oleh sekretaris daerah. 

“Kita sudah menyampaikan kepada Ormas yang belum mencairkan dana hibah agar segera mengajukan proposal untuk pencairan dana hibah. Semakin cepat mengajukan maka semakin cepat pula dananya cair,” tegas dia.

Seraya menambahkan, adapun syarat untuk mendapatkan dana hibah antara lain yaitu mengajukan proposal, membuat rencana penggunaan dana serta kelengkapan Ormas seperti halnya struktur Ormas dan badan hukum atau surat keterangan terdaftar

BACA JUGA:KUR BRI 2023, Syarat Mudah dan Plafon Hingga Rp 500 Juta

Ia berharap dengan adanya dana hibah tersebut, dapat memenuhi kebutuhan penerima hibah dalam rangka menunjang pelaksanaan tugasnya. 

“Kita berharap dana hibah untuk Ormas tahun ini dapat terserap 100 persen,” tutupnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: