Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional, Pemkab Lampung Barat Usulkan Empat Sekolah

Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional, Pemkab Lampung Barat Usulkan Empat Sekolah

Kabid Pengelolaan dan Pengendalian Lingkungan Hidup DLH Lampung Barat Sukimin, S.I.P, M.M--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemkab Lampung Barat dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mengusulkan empat sekolah di kabupaten setempat untuk mendapatkan penghargaan adiwiyata tingkat nasional tahun 2023.

Keempat sekolah tersebut yaitu SDN 1 Sukapura Kecamatan Sumber Jaya, MIN 1 Lampung Barat, MTs N 1 Lampung Barat dan MAN 1 Lampung Barat.

BACA JUGA:Petugas Damkar Balik Bukit Gerak Cepat Tangani Kebakaran Lahan

“Untuk adiwiyata tingkat nasional proses pengusulannya sudah dimulai dari bulan Juni sampai dengan 19 Juli dan kita telah mengusulkan empat sekolah yaitu SDN 1 Sukapura Kecamatan Sumber Jaya, MIN 1 Lampung Barat, MTs N 1 Lampung Barat dan MAN 1 Lampung Barat,” ungkap Kabid Pengelolaan dan Pengendalian Lingkungan Hidup (PPLH) Sukimin, S.I.P mendampingi Kepala DLH Henry Faisal, S.H, M.H, Selasa (15/8/2023)

Kata dia, tahapannya saat ini verifikasi berkas administrasi dan pemenuhan dokumen Adiwiyata yang dokumen perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. 

BACA JUGA:Jelang Kemarau Panjang, Dinas TPH Way Kanan Pastikan Stok Pangan Cukup

“Setelah secara administrasi dan pemenuhan dokumen adiwiyata lengkap, maka akan dilaksanakan verifikasi lapangan,” ujar dia

Seraya menambahkan, verifikasi berkas dan lapangan calon sekolah Adiwiyata Nasional langsung dilaksanakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK). 

BACA JUGA:Mas Boi Sebut Lomba Mewarnai Merupakan Wadah Pembentukan Mental Tunas Bangsa

“Saat ini kita tinggal menunggu jadwal verifikasi lapangan dari Kementerian LHK,” kata dia.

Sekadar diketahui, pada tahun 2022 lalu, terdapat lima sekolah di Kabupaten Lampung Barat yang meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional  yaitu SDN 3 Way Mengaku Kecamatan Balik Bukit, SDN 1 Purajaya Kecamatan Kebun Tebu,  MIN 2 Lampung Barat, MIN 3 Lampung Barat serta SMPN 1 Air Hitam Kecamatan Air Hitam.

BACA JUGA:Masih Juga Bingung? Begini Trik Mudah Tarik Tunai Saldo DANA dan Top Up Pulsa Lewat Alfamart dan Pegadaian

Penghargaan bergengsi tingkat nasional tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr. Alue Dohong kepada lima kepala sekolah dari Lampung Barat bersamaan dengan acara Talkshow Success Story Inovasi Penerapan Perilaku Ramah Lingkungan Hidup (PRLH) di Sekolah Adiwiyata yang diselenggarakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti  Jl. Gatot Subroto, Kota Jakarta Pusat-DKI Jakarta, Kamis (1/12/2022).

Sekolah Adiwiyata Nasional adalah sekolah yang telah mendapatkan predikat Adiwiyata Kabupaten dan Provinsi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: