Petugas Damkar Balik Bukit Gerak Cepat Tangani Kebakaran Lahan

Petugas Damkar Balik Bukit Gerak Cepat Tangani Kebakaran Lahan

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) dari Satuan Polisi Pamong Praja, Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Satpol-PP, Damkar dan Penyelamatan) Kabupaten Lampung Barat, bergerak cepat melakukan pemadaman kebakaran lahan, yang terjadi di Lingkungan Simpang Serdang, Kelurahan Way Mengaku, Kecamatan Balik Bukit, tepatnya semak belukar di bahu jalan Sersan Sulaiman, jalan penghubung menuju Lingkungan Serdang Atas, pada Selasa 15 Agustus 2023.

Kabid Damkar Ruspel Gultom, mewakili Kepala Satpol-PP, Damkar dan Penyelamatan Lampung Barat Haiza Rinsa, SH., mengatakan, usai menerima informasi adanya kebakaran lahan pihaknya langsung bergerak cepat dengan menurunkan petugas bersama satu unit Damkar dari UPT Damkar Balik Bukit.

BACA JUGA:Mas Boi Sebut Lomba Mewarnai Merupakan Wadah Pembentukan Mental Tunas Bangsa

”Kami  belum tahu penyebab terbakarnya lahan semak belukar yang ada di atas areal persawahan tersebut. Tetapi usai petugas kami menerima laporan, langsung turun ke lokasi, dan Alhamdulillah api berhasil dipadamkan sehingga tidak sempat membesar dan bisa membahayakan terlebih lokasinya dengan permukiman penduduk,” ungkap Ruspel Gultom.

Mengingat saat ini wilayah Lampung Barat sudah memasuki musim kemarau, lanjut Ruspel, maka pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran baik lahan termasuk sampah, bahkan hal yang cukup sepele yakni membuang puntung rokok juga menurutnya bisa memicu kebakaran yang besar sehingga perlu diantisipasi bersama.

BACA JUGA:Mau Limit Kredivo Kamu Naik sampai Rp 50 Juta, Ini Cara Mudahnya!

”Musim kemarau seperti sekarang ini akan sangat rentan terjadi kebakaran, karena itu perlu kita antisipasi bersama termasuk peran dari masyarakat sangat diharapkan, sehingga musibah kebakaran bisa kita minimasir,” kata Ruspel.

Selain itu, Ruspel juga mengimbau kepada masyarakat untuk segera melapor kepada petugas UPT Damkar terdekat ketika terjadi musibah kebakaran, sehingga penanganan bisa segera dilakukan oleh petugas.

BACA JUGA:Kostum Daster Curi Perhatian Pada Lomba Semarak HUT RI Ke-78 SMAN 1 Way Tenong

”Kita punya enam UPTD Damkar di Lampung Barat, masyarakat bisa melapor ketika terjadi musibah kebakaran, untuk wilayah yang berada di sekitar UPT Damkar Balik Bukit bisa menghubungi petugas di nomor (0728) 21902 atau 0823 8730 6535, UPT Damkar Belalau 0852 67347538, UPT Damkar Sukau 0852 6734 6346, UPT Damkar Way tenong 0852 6734 6246, UPT Damkar Kebun Tebu 0821 8165 7750, dan UPT Damkar Sumber Jaya 0821 7543 9054,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: