Kwaran Lemong Gelar Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-62

Kwaran Lemong Gelar Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-62

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Kwartir Ranting (Kwaran) Lemong, Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Pesisir Barat (Pesbar), melaksanakan upacara peringatan HUT ke-62 Gerakan Pramuka yang dilaksanakan di lapangan Bumi Perkemahan Kwaran Lemong di Pekon Malaya, Kecamatan Lemong, Senin 14 Agustus 2023.

Hadir dalam kesempatan itu Ketua Majelis Bimbingan Ranting (Ka Mabiran) Lemong, Hermansyah, sebagai Pembina Upacara, Ka Kawaran Lemong Sugeng., Kabid Dikdas Paud dan PNFI Erik Putra AR., anggota TNI-Polri pramuka penegak, pandega, penggalang dan siaga yang berada di wilayah Kwaran Lemong.

BACA JUGA:Pj Bupati Lampung Barat Serahkan Hadiah Kepada Pemenang Lomba Permainan Tradisional

Dalam amanatnya, Kamabiran Hermansyah., membacakan sambutan Ka Kwarnas Komjen Pol. (Purn) Drs. Budi Waseso., mengatakan hari ini, tanggal 14 Agustus 2023, segenap anggota Gerakan Pramuka yang ada di seluruh Indonesia merasa bahagia dan bersyukur karena organisasi pendidikan kepanduan Praja Muda Karana yang kita cintai ini telah genap berusia 62 tahun.

“Pada tahun ini sekaligus kita memperingati 111 tahun keberadaan gerakan kepanduan di bumi Indonesia yang telah ada sejak tahun 1912. Untuk itulah kita perlu mengucapkan banyak terimakasih kepada Allah karena atas nikmat dan berkah-Nya, Gerakan Pramuka dapat terus maju dan berkembang,” kata dia.

BACA JUGA:Lomba Unik 17 Agustus, Rayakan Hari Kemerdekaan dengan Lebih Meriah!

Dijelaskannya, tema utama peringatan Hari Pramuka ke-62 pada tahun 2023 ini adalah "Dengan Peringatan Hari Pramuka Ke-62, Mari Kita Wujudkan SDM yang Profesional dan Berwawasan Kebangsaan”.

“Tema ini menunjukkan semangat Gerakan Pramuka untuk meningkatkan sumber daya manusia yang lebih profesional, mencermati sumber daya manusia kita yang ada sekarang ini masih jauh dari yang kita harapkan,” jelasnya.

BACA JUGA:Tunggu Proses Hukum, Inspektorat Belum Sanksi Oknum ASN Pelaku Penganiayaan Pegawai Magang BKD Lampung

Ditambahkannya, wawasan kebangsaan menjadi sangat penting agar nilai-nilai kebangsaan kita tidak luntur, tetap menanamkan Nasionalisme, Cinta Tanah Air dan semangat Bela Negara. 

Terlebih sekarang akan menghadapi Tahun Politik, kiranya persatuan dan kesatuan Gerakan Pramuka harus tetap solid dan menjadi garda terdepan untuk merajut persatuan dan kesatuan.

BACA JUGA:KPU Pesisir Barat Pastikan Tidak Ada Bacaleg Ganda

“Harus diakui, jumlah sumber daya manusia yang ada  di Gerakan Pramuka, khususnya para Pembina Pramuka dan Pelatih Pembina Pramuka jumlahnya masih sangat terbatas. Oleh sebab itu, peningkatan jumlah dan kualitas Pembina serta Pelatih Pembina Pramuka harus terus dapat ditingkatkan,” terangnya.

Menurutnya, saat ini, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka juga sedang berupaya untuk memperbaiki Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka dan membangun sistem aplikasi yang mengarah kepada era digitalisasi agar Gerakan Pramuka tidak tertinggal serta dapat mengikuti perkembangan zaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: