Disporapar Lampung Barat-PT Adimitra Energi Hidro Tandatangani PKS Tentang Wisata Arung Jeram Way Besai

Disporapar Lampung Barat-PT Adimitra Energi Hidro Tandatangani PKS Tentang Wisata Arung Jeram Way Besai

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Lampung Barat Drs. Dahlin, M.Pd bersama Direktur PT Adimitra Energi Hidro Darwin melakukan penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang Pembinaan, Pengembangan dan Peningkatan Sarana dan Prasarana (Sarpras) di Objek Wisata Arung Jeram Way Besai.

Penandatangan PKS antara Disporapar Lampung Barat dengan PT Adimitra Energi Hidro di Bukit Resto Liwa, Senin 7 Agustus 2023 tersebut, dihadiri oleh Pj Bupati Drs. Nukman, M.M, Kapolres Lampung Barat diwakili oleh Kabag SDA Polres Lambar Kompol Abdurahman, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Wasisno Sembiring, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Daman Nasir, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) M Henry Faisal, Camat Sumber Jaya Agus Hadi Purnama, Camat Way Tenong Nowo Wibawono, Camat Air Hitam Bambang Hermanto, serta Pokdarwis Way Besai Rafting.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Nukman mengungkapkan, arung jeram Way Besai Rafting adalah salah satu ikon wisata unggulan Kabupaten Lampung Barat, yang sudah beroperasi semenjak tahun 2000 dan bisa mendatangkan para wisatawan baik lokal maupun luar daerah.

“Selain itu menghasilkan PAD ke pemerintah Pekon Sukajaya dan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat,” ungkap Nukman. 

BACA JUGA:Tingkatkan Kualitas Pelayanan, Kelurahan Langkapura Baru akan Miliki Kantor Baru

Dijelaskannya, Pekon Sukajaya adalah salah satu pekon wisata dari 20 pekon wisata yang telah di SK kan oleh Bupati Lampung Barat, dan telah dilakukan pendampingan oleh Asosiasi Desa Wisata (ASIDEWI) pada tahun 2021 yang dianggarkan oleh Disporapar Lampung Barat untuk bisa maju di ajang Anugerah Desa Wisata tingkat nasional dan arung jeram adalah salah satu potensi yang di unggulkan untuk mendukung Pekon Wisata Sukajaya. 

Lanjut dia, Pokdarwis Way Besai Rafting telah menjalankan usaha Arung Jeram mulai dari tahun 2017 melalui Memorandum of Understanding (MoU) dengan Disporapar untuk menjalankan wisata arung jeram dengan komitmen memberikan PAD kepada Kabupaten Lampung Barat.

Masih kata dia, berdasarkan kesepakatan bersama antara Pemerintah Kabupaten Lampung Barat dan PT Adimitra Energi Hidro tentang Pembinaan, Pengembangan dan Peningkatan Sarana dan Prasarana di Objek Wisata Arung Jeram Way Besai yang telah ditandatangani oleh Bupati Lampung Barat Periode Tahun 2017-2022 pada tanggal 1 Desember tahun 2022. 

Lebih jauh Nukman mengatakan, adapun maksud dan tujuan dari kesepakatan bersama tersebut yakni untuk meningkatkan peran serta Pemerintah Kabupaten Lampung Barat dan PT Adimitra Energi Hidro dalam rangka Pengembangan Objek Wisata Way Besai Kecamatan Sumber Jaya. 

BACA JUGA:Pendekar Turun Debus, JPKP Lampung Kecam Hinaan Rocky Gerung ke Presiden Jokowi

Kesepakatan Bersama ini bertujuan untuk membantu membina, mengembangkan dan meningkatkan peran serta Kelompok Sadar Wisata berbasis minat dan keluarga pada aliran Sungai Way Besai Kecamatan Sumber Jaya.

Selanjutnya, kata Nukman, setelah penandatanganan kesepakatan bersama dilanjutkan dengan Perjanjian Kerja Sama antara Disporapar yang bertindak sebagai pihak kesatu dengan  PT Adimitra Energi Hidro yang bertindak sebagai pihak kedua.

“Maksud dan tujuan perjanjian kerjasama ini untuk peningkatan dan pengembangan wisata Way Besai Rafting Pekon Sukajaya Kecamatan Sumber Jaya yang terdampak oleh pembangunan pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTM) yang diamalkan dalam bentuk bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai bentuk solusi kepada Pokdarwis Way Besai Rafting,” tutupnya.

Sementara itu, Direktur PT. Adimitra Energi Hidro, Darwin mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Lampung Barat yang melaksanakan kerjasama dengan PT. Adimitra Energi Hidro. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: