Luapan Sungai Besai Banjiri Puluhan Rumah Warga di Pekon Purawiwitan

Luapan Sungai Besai Banjiri Puluhan Rumah Warga di Pekon Purawiwitan

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Intensitas hujan tinggi yang terjadi malam Rabu 22 Mei 2024 hingga dini hari Kamis sebabkan Sungai Way Besai dan banyak kali kecil di Kecamatan Kebun Tebu, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) meluap, dan berdampak banjir hingga pemukiman warga seperti di Pekon Purawiwitan, areal persawahan dan badan jalan poros.

Peratin Purawiwitan Karyanto S.E menginformasikan di wilayah tersebut diguyur hujan deras sejak Isya hingga Subuh malam Kamis ini. 

Dan dari intensitas hujan sebabkan luapan air Sungai Besai hingga pemukiman warga di tiga pemangku yakni Cipta Wangi, Cipta Karya dan Cipta Mulya dengan total 21 rumah yang terendam banjir.

"Rumah yang terdampak banjir dengan kedalaman bervariasi ada yang hingga pinggang dan lutut, dan pemukiman lokasinya tanahnya rendah dan dekat dengan aliran sungai," ungkapnya. 

BACA JUGA:Status BPNT Sudah SPM dan Periode Penyaluran Berubah Menjadi Mei-Juni

Lanjut dia pekon lain yang terdampak luapan sungai Muara Baru dan Muara Jaya II, dimana areal sawah yang terendam banjir. 

Terpisah Camat Kebun Tebu Ernawati S.E juga menginformasikan perihal banjir luapan sungai dan sekarang tengah melakukan monitor. 

"Saya lagi berkoordinasi dengan peratin untuk memantau situasi, tapi alhamdulilah air mulai berangsur surut," ujarnya.

Lanjut Erna, akibat banjir ini dimungkinkan menimbulkan kerugian besar masyarakat, lantaran sebagian besar areal persawahan padi yang saat ini tengah pohon padinya tengah mengembang, dan lebih mirisnya lagi masyarakat peternak ikan, banyak kolam ikan yang siap panen juga terdampak.

BACA JUGA:Waspada! Kebun Kopi di Pekon Kubuliku Disatroni Maling, Warga Nyaris Jadi Korban Sabetan Sajam

Namun, kerugian belum dapat ditafsir karena kondisi air belum surut sepenuhnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: