Duta Anak Lampung Barat Ikuti Forum Anak Daerah Tingkat Provinsi

Duta Anak Lampung Barat Ikuti Forum Anak Daerah Tingkat Provinsi

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Duta anak Kabupaten Lampung Barat yaitu Nadya Nuruz Alfatya dari SMAN 1 Liwa dan Lionel Nathan Payong dari SMPN 1 Sumber Jaya mengikuti temu Forum Anak Daerah Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2023 yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Lampung di Hotel Kyriad, Jl. Raden Indra Kusuma Sumur Putri, Bandar Lampung Senin 31 Juli hingga Rabu 2 Agustus 2023.

Kegiatan Forum Anak Daerah Tahun 2023 itu dalam rangka upaya pemenuhan hak partisipasi anak, penguatan peran dan fungsi forum anak, sebagaimana ditetapkan dengan Peraturan Menteri PPPA Nomor 1 Tahun 2022 dan Perubahan Atas Peraturan Menteri PPPA Nomor 18 Tahun 2019 tentang penyelenggaraan forum anak.

BACA JUGA:Dukung Gerakan 10 Juta Bendera Merah Putih, Pemkab Lambar dan Badan Usaha Bagikan 6000 Pcs Gratis

“Jadi dari Kabupaten Lampung Barat, kita mengirimkan dua orang anak yaitu atas nama Nadya Nuruz Alfatya dan Lionel Nathan Payong untuk mengikuti Forum Anak Daerah Tahun 2023,” ungkap Kabid PH dan PA pada Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Nilawati, S.H mendampingi Kepala DP2KBP3A M Danang Harisuseno, S.Ag, M.H, Rabu 2 Agustus 2023.

Dijelaskannya, pada kegiatan Forum Anak Daerah tersebut ada sejumlah materi yang disampaikan oleh narasumber seperti materi tentang pemuda dan kepemimpinan, bahaya narkoba bagi para pelajar, 2P (Pelapor dan Pelapor), kemudian materi tentang personal Branding dan Mindfulness.

BACA JUGA:Pungutan Iuran Rp500 Ribu di MTsN 1 Lambar Resmi Dikembalikan Pada Wali Murid

“Kemudian ada juga pentas seni, jadi setiap duta anak dari masing masing kabupaten/kota menampilkan pentas seni. Untuk Kabupaten Lampung Barat, anak anak menampilkan tari nyambai,” kata Nilawati.

Lebih jauh dia mengatakan, materi lainnya seperti spiritual motivation training, interview pemilihan duta anak, serta penyerahan piala duta, pensi, edukasi dan fad terbaik, serta pelatihan Pentas di LPKA.

BACA JUGA:Sambut HUT ke-78 Kemerdekaan RI, Pemkab Pesisir Barat Imbau Warga Kibarkan Bendera Merah Putih

“Dengan hadirnya perwakilan Forum Anak Lampung Barat di pertemuan Forum Anak Daerah se Provinsi Lampung diharapkan dapat mewakili suara anak-anak Lampung Barat untuk menyampaikan pendapat, aspirasi, gagasan, melakukan aksi nyata, dan ikut berpartisipasi dalam proses perencanaan pembangunan,” pungkas Nilawati.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: