200 Anak di Bandar Lampung Mengalami Down Syndrome

200 Anak di Bandar Lampung Mengalami Down Syndrome

--

BANDAR LAMPUNG, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kepala Dinas PPPA BANDAR LAMPUNG, mencatat ada sekitar 200 anak yang mengalami down syndrome yang termasuk dalam kategori Anak Berkebutuhan Khusus. 

Maryamah, selaku kepala Dinas PPPA Kota Bandar Lampung, mengungkapkan data tersebut saat diwawancara pada peringatan Hari Anak Nasional (HAN) di Gedung Semergo, Senin 31 Juli 2023. 

Selain mencatat jumlah anak yang down syndrome dan ABK, Dinas PPPA Bandar Lampung sudah berkomitmen dalam meningkatkan pelayanan serta perhatian bagi anak-anak ini.

Maryamah juga menyampaikan pentingnya inklusi sosial bagi anak-anak yang berkebutuhan khusus ini dalam lingkungan masyarakat. 

BACA JUGA:Ops Bina Kusuma Krakatau 2023, Kasat Binmas Polresta Bandar Lampung Penyuluhan di SMPN 28

Sehingga dalam inklusi yang baik serta kuat, anak-anak ini bisa lebih terlibat dalam berbagai aktivitas serta memiliki kesempatan yang sama seperti anak-anak yang lainnya baik dalam pendidikan, seni, olahraga maupun kegiatan sosial yang lain. 

Untuk upaya mengurangi diskriminasi serta stigma bagi anak-anak yang berkebutuhan khusus ini, mereka para pihaknya akan melakukan edukasi serta kesadaran terhadap masyarakat. 

Dengan tujuan dari langkah ini untuk untuk menciptakan lingkungan baik serta lebih ramah dan inklusif bagi mereka.

Dinas PPPA akan bekerja sama dengan lembaga serta organisasi untuk menyediakan fasilitas serta sarana yang memang memadai untuk anak-anak yang berkebutuhan khusus ini, termasuk memberi kebutuhan mereka dalam aksesibilitas fisik di sekolah, dan tempat umum lainnya.

BACA JUGA:Penyuluhan Antisipasi Gugatan Pra Peradilan, Kapolda Lampung : Pahami dan Implementasikan dalam Tugas

Dari langkah yang diambil saat ini, harapan semoga anak-anak yang berkebutuhan khusus dan disabilitas dapat merasakan perhatian lebih.

"Iya semoga ada kesadaran untuk pentingnya sosial serta perlindungan anak-anak yang berkebutuhan khusus ini dapat semakin berkembang, serta merta dapat bertumbuh, serta berkembang baik dengan potensi masing masing," tutup Maryamah.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: