Maksimalkan Pelayanan KB, DP3AKB Pesbar Jemput Bola ke Wilayah Terpencil

Maksimalkan Pelayanan KB, DP3AKB Pesbar Jemput Bola ke Wilayah Terpencil

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID — Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlidungan Anak, dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), terus memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat terutama dalam pelayanan Keluarga Berencana (KB), bahkan hingga memaksimalkan pelayanan di wilayah terpencil di Negeri Para Saibatin dan Ulama itu.

Seperti yang dilaksanakan selama dua hari sejak Jumat dan Sabtu (28-29 Juli 2023) kemarin, DP3AKB Pesbar melaksanakan pelayanan KB bergerak di empat Pekon terpencil yakni Pekon Siring Gading, Bandar Dalam, Way Haru, dan Way Tiyas di Kecamatan Bangkunat.

BACA JUGA:Catat, Warga Pesisir Barat Bisa Nikah Gratis di KUA

Kepala DP3AKB Kabupaten Pesbar, dr. Budi Wiyono, S.H, M.H., mengaku,  pelayanan KB bergerak di daerah terpencil itu memiliki target sasaran antara lain Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) yakni Implan dan IUD. 

Masyarakat yang hadir mengikuti pelayanan KB bergerak dan pembinaan lainnya itu cukup antusias dan sangat disambut baik oleh warga di empat Pekon terpencil itu.

BACA JUGA:PC Pagar Nusa Pesisir Barat Sahkan 65 Anggota Baru

“Pelayanan KB di empat Pekon itu dipusatkan di dua titik yakni di hari pertama dipusatkan di Balai Pekon Siring Gading, dan hari kedua dipusatkan di Pustu Campang, Pekon Bandar Dalam,” katanya.

Ditambahkannya, pihaknya berharap dalam kegiatan pelayanan KB itu dapat mencapai target sasaran yang diharapkan. 

BACA JUGA:19 WBP Rutan Krui Dimutasi ke Lapas Kota Agung

Selain itu, dalam pelayanan KB itu jugas sekaligus dilaksanakan kegiatan pembinaan kelompok kegiatan Bina Keluarga Remaja (BKR), Bina Keluarga Lansia (BKL), dan Bina Keluarga Balita (BKB), serta kegiatan pembinaan kelompok kerja di Kampung KB di lokasi yang sama yakni di Pekon terpencil tersebut.

“Pelayanan KB bergerak, maupun pembinaan lainnya di wilayah terpencil itu tentu akan tetap terus dimaksimalkan, sehingga kedepan bisa kembali rutin dilaksanakan,” ujarnya.

BACA JUGA:DTPH Lampung Barat Alokasikan Bantuan Benih Padi Varietas Unggul

Masih kata Budi, dalam pelayanan KB dan pembinaan-pembinaan yang dilaksanakan oleh DP3AKB Kabupaten Pesbar di wilayah terpencil itu diharapkan benar-benar dapat dipahami oleh masyarakat di wilayah itu, dan semua pihak terkait lainnya. 

Sehingga, masyarakat benar-benar memanfaatkan pelayanan KB, dan memahami bahwa mengikuti KB itu penting.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: