Tahun Ini Pemerintah Bangun USB SMA di Pekon Basungan

Tahun Ini Pemerintah Bangun USB SMA di Pekon Basungan

Kepala Cabang Dinas Pendidikan, Jonisdar Ali, S.Sos, M.M.--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dalam upaya memberikan kemudahan masyarakat terutama para tunas bangsa mengenyam pendidikan, Dinas pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Lampung, akan membangun Unit Sekolah Baru (USB) SMA yang akan dibangun di Kecamatan Pagar Dewa, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) tepatnya di Pekon Basungan. 

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun dari Kepala Cabang Dinas (Kacabdin) Jonisdar Ali, S.Sos, M.M., saat ini proyek USB tersebut masih status tender, namun diharapkan akhir Juli atau awal Agustus kegiatan pembangunan yang diperkirakan menelan anggaran lebih dari tiga miliar rupiah tersebut.

BACA JUGA:ADD Naik, Ekonomi Semakin Membaik, Sejumlah Peratin Beri Tanggapan Beragam

"Bantuan USB SMA Basungan ini merupakan proyek Dana Alokasi Khusus (DAK) Pusat, dengan bangunan satu unit Ruang Kelas Belajar (RKB) tiga ruangan, Kantor Kepala Sekolah dan Guru, Laboratorium Perpustakaan dan sarana prasarana toilet dewan guru dan siswa," katanya.

Dijelaskannya di bangunnya USB tersebut atas dasar kebutuhan yakni di wilayah tersebut jangkauan pendidikan masih jauh, atau mengcover daerah terpencil dan pihak masyarakat menyediakan lahan dengan status dihibahkan kepada pemerintah, apa yang telah tersedia di Pekon Basungan sudah memenuhi standar USB.

BACA JUGA:Wakapolres Lampung Barat Ajak Masyarakat Waspadai Paham Radikalisme

Ketentuan lainnya, nanti setelah USB selesai dikerjakan maka telah memiliki siswa, dan saat ini untuk siswa yang akan menempati sekolah baru sudah ada tapi masih dititipkan melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di SMP Pagar Dewa. 

"Dengan sudah adanya siswa Tahun Pelajaran 2023-2024 ini, bisa jadi saat USB sudah dapat dilaksanakan langsung dapat ditempati," sebutnya. 

BACA JUGA:Daun Kenikir Sangat Berkhasiat, Diantaranya Bisa Mencegah Diabetes

Jonisdar menyampaikan juga jika dalam perkembangan sekolah jumlah siswanya besar secara otomatis pemerintah akan kembali menggelontorkan bantuan untuk penambahan fasilitas seperti gedung dan lain sebagainya.

Karena pihaknya berharap dengan nanti telah berdirinya USB SMA Basungan benar-benar dapat dimanfaatkan warga, sehingga tidak ada lagi terjadi anak putus sekolah atau hanya mengenyam pendidikan batas sekolah menengah.

BACA JUGA:Biasa Tumbuh Liar, Berikut 5 Khasiat Tersembunyi dari Buah Ciplukan

"Pemerintah terus melakukan berbagai upaya termasuk membangun USB di daerah terpencil dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, karena itu kita sebagai masyarakat wajib mendukungnya dengan menyekolahkan para tunas bangsa.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: