Status Pekon Sukajaya Naik Jadi Desa Maju, Peratin Febra Beri Apresiasi Kinerja Aparat Terkait

Status Pekon Sukajaya Naik Jadi Desa Maju, Peratin Febra Beri Apresiasi Kinerja Aparat Terkait

Peratin Sukajaya Febra Saputra--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Pekon Sukajaya, Kecamatan Pagar Dewa, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) menyambut gembira, tahun ini mampu merubah status pekon dari Desa Berkembang menjadi Desa Maju berdasarkan hasil pendataan (pemutakhiran) Indeks Desa Membangun (IDM).

Oleh tiga instansi yaitu Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP) serta Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Kabupaten Lampung Barat.

Peratin Sukajaya Febra Saputra peningkatan level IDM menjadi Desa Maju yang diraih tahun ini tak lepas dari dedikasi aparatur pekon dan dukungan penuh dari menjalankan peran masing-masing. 

Pada kesempatan itu Febra juga tak ketinggalan  menyampaikan terima kasih atas bimbingan pihak kecamatan Wabil Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Kementerian Desa PDTT Kecamatan Pagar Dewa yang sudah paruh mendampingi aparat Pekon Sukajaya dalam menuntaskan penginputan IDM 2023.

BACA JUGA:Sudah Pertengahan Tahun, Dana Kelurahan Belum Turun

Sebelumnya Bappeda, DPMP serta Tenaga TPP Kabupaten Lampung Barat melaksanakan  Penandatangan Berita Acara Hasil Pemutakhiran IDM bertempat di Aula Pakuwon Bappeda. 

Kabar baiknya, Pekon berstatus Mandiri di Lampung Barat kembali bertambah, di tahun 2023 ini, empat pekon naik level dari Pekon berstatus Maju menjadi Pekon Mandiri melalui kegiatan pemutakhiran Indeks Desa Membangun (IDM) di seluruh Pekon se-Lampung Barat. 

Pemutakhiran IDM dilakukan secara reguler setiap tahunnya yang dilaksanakan oleh Pekon sebagai implementasi dari Permendesa Nomor 2 Tahun 2016 tentang IDM.

Pendataan IDM dilakukan melalui tiga pendekatan indeks, yakni Indeks Ketahanan Sosial, Indeks Ketahanan Ekonomi dan Indeks Ketahanan Ekologi/Lingkungan.  

BACA JUGA:Momentum Monev DD Tahap l, Pekon Tribudi Makmur Salurkan Bantuan Ketahanan Pangan

Pendataan pada Indeks Ketahanan Sosial terdiri dari beberapa indikator, diantaranya adalah indikator Pendidikan, Kesehatan, Modal Sosial, Permukiman. 

Indikator Indeks Ketahanan Ekonomi antara lain Keragaman Produksi Masyarakat, Akses Pusat Perdagangan dan Pasar, Akses Logistik, Akses Perbankan dan Kredit Keterbukaan Wilayah. 

Sedangkan indikator Indeks Ketahanan Ekologi/Lingkungan antara lain Kualitas Lingkungan, Bencana Alam, Tanggap Bencana. 

Keempat pekon yang kini berstatus Pekon Mandiri adalah Pekon Sukapura Kecamatan Sumberjaya, Pekon Tambak Jaya Kecamatan Way Tenong, Pekon Pagar Dewa Kecamatan Sukau dan Pekon Tribudisyukur Kecamatan Kebun Tebu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: