Satpol PP Diminta Tertibkan ODGJ yang Berkeliaran di Seputar Wilayah Balik Bukit

Satpol PP Diminta Tertibkan ODGJ yang Berkeliaran di Seputar Wilayah Balik Bukit

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Lampung Barat diminta agar dapat menertibkan dua orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang berkeliaran di seputar Kelurahan Pasar Liwa dan Waymengaku, Kecamatan Balik Bukit.

Dua ODGJ laki-laki dan perempuan tersebut tampak mulai berkeliaran pasca lebaran Idul Adha. Diduga keduanya merupakan kiriman dari luar daerah yang dilakukan secara sembunyi dan ditinggalkan begitu saja.

BACA JUGA:Jumat Curhat, Kasat Binmas Silaturahmi ke Padepokan PSHT NIC 068 Cabang Lampung Barat Pusat Madiun

Kabid Penegakan Perda dan Perbup pada Satpol-PP Lambar Tamrin mengatakan pihaknya akan segera berkoordinasi dengan bidang Trantibum untuk bersama-sama turun melakukan penertiban ODGJ tersebut.

"Segera kami koordinasikan ke bidang trantibum, nanti kami bersama-sama turun melakukan penertiban, sekaligus berkoordinasi dengan Dinas Sosial untuk proses penanganan lebih lanjut," kata Tamrin.

BACA JUGA:'Tradisi Sekura di Lampung Barat' Menjadi Tema Utama di Krakatau Festival 2023

Penertiban ODGJ, lanjutnya memang sering dilakukan guna menindaklanjuti laporan terkait keberadaan ODGJ yang kerap mengganggu kenyamanan masyarakat tersebut.

"Dalam penanganan ODGJ ini Satpol PP hanya mengamankan dan menertibkan. Sementara untuk penanganan lebih lanjut seperti pendataan, penyerahan ke panti atau pemulangan ke pihak keluarga itu menjadi kewenangan Dinas Sosial," pungkasnya.

BACA JUGA:Tanda-tanda Datangnya Kiamat Mulai Banyak Bermunculan

Sementara itu dari pantauan pada Jumat 7 Juli 2023, tampak salah satu ODGJ tersebut berkeliaran di ruas jalan jalur dua raden, kelurahan Way Mengaku. 

Kondisi itu mengganggu kenyamanan masyarakat, karena ODGJ tersebut sesekali berhenti dan duduk di halaman rumah warga sembari buang air kecil, meludah sehingga cukup mengganggu kenyamanan.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: