Sudah 8 Kasus Kekerasan pada Anak di Bandar Lampung Selama 2023

Sudah 8 Kasus Kekerasan pada Anak di Bandar Lampung Selama 2023

Kepala Dinas PPPA Kota Bandar Lampung, Maryamah--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Selama tahun 2023, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kota Bandar Lampung sudah mencatat ada 8 kasus kekerasan yang terjadi pada Anak, jumlah tersebut, terjadi pada Anak usia 10-15 tahun.

"Dari jumlah kekerasan yang terjadi pada anak umumnya terjadi pada anak-anak yang masih berusia 10-15 tahun atau masa pendidikan SMP," ujar Maryamah Kepala Dinas PPPA Kota Bandar Lampung.

BACA JUGA:Antisipasi LSD, UPT Keswan Jati Agung Siapkan Vaksin Gratis

Untuk meminimalisir kasus kekerasan pada anak, pihaknya telah melakukan sosialisasi keliling ke daerah atau wilayah pinggiran dan sekolah-sekolah.

"Kita juga sudah sampaikan kepada masyarakat untuk tidak takut dalam melapor, jika melihat atau terjadi kekerasan yang terjadi di lingkungan rumah tangga," jelasnya.

BACA JUGA:Masjid Raya Al-Bakrie Lampung Butuh Aliran Listrik 132 kVA

Dari 8 kasus terhadap anak itu antara lain, perebutan hak asuh anak 1 kasus, Penelantaran 2 kasus, Persetubuhan 3 kasus, dan pelecehan 2 kasus.

Pihaknya juga melakukan pendampingan dan perlindungan terhadap korban, dan juga mengamankan korban ke tempat aman sampai korban ini benar-benar tidak trauma lagi.

BACA JUGA:Lampu Hijau, Proyek Peningkatan Ruas Jalan Sukau-Lumbok Seminung Sedang Proses Lelang

Maryamah kembali menegaskan, 8 kasus tersebut hanya yang melapor ke pihaknya saja. 

Sementara kalau yang melapor ke Advokat perlindungan hukum, ataupun ke Komnas Anak, ke Kepolisian maupun ke NJO lainnya nanti akan dirilis oleh provinsi berdasarkan data Sistem Informasi Online (Simponi).

BACA JUGA:Kedapatan Bawa Sabu, Seorang Pemuda di Lampung Barat Diamankan Polisi

"Kami terus melakukan pendampingan termasuk pendampingan hukum hingga psikolog. Jangan sampai tadinya korban kekerasan anak menjadi pelaku kekerasan anak," kata Maryamah.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: