Antisipasi LSD, UPT Keswan Jati Agung Siapkan Vaksin Gratis

Antisipasi LSD, UPT Keswan Jati Agung Siapkan Vaksin Gratis

Kepala UPT Keswan Kecamatan Jati Agung Sujatmiko--

LAMSEL, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dalam  rangka mencegah merebaknya penyakit Lumpy Skin Disease (LSD) pada ternak sapi UPT Kesehatan dan Hewan (Keswan) Kecamatan Jati Agung siapkan vaksin secara gratis kepada peternak di wilayah Jati Agung.

Menurut  Kepala UPT Keswan Kecamatan Jati Agung Sujatmiko mengatakan bahwa sampai saat ini pihak (UPT) belum mendapatkan laporan dari mengenai ternak sapi yang terkena virus LSD tersebut.

"Kalau laporan atau keluhan belum ada, namun sebagai upaya untuk mengatasi penyebaran virus LSD ini, kami akan memberikan vaksin secara gratis kepada pemilik ternak,” ungkapnya di ruang kerjanya.

Lanjutnya, ia juga menjelaskan bahwa penyebaran kasus LSD memang tengah menjadi fokus penanganan.

BACA JUGA:Masjid Raya Al-Bakrie Lampung Butuh Aliran Listrik 132 kVA

Salah satu upaya penanganan yang dilakukan dengan memberikan vaksin gratis pada setiap ternak yang terjangkit virus LSD.

Maka dari itu nanti dirinya juga mengimbau agar para peternak sapi bisa menjaga kebersihan pada kandang sapi.

Menurut dia, penyakit LSD pada sapi ditandai dengan bentol-bentol pada kulit dan sering disertai kebengkakan pada kaki dan gelambir. Penyakit ini perlu diantisipasi karena penanganannya akan lebih mudah.

Lebih lanjut Jatmiko menambahkan jika vaksin diberikan ke sapi yang terjangkit penyakit akan membuat lemah dan hasilnya tidak efektif.

BACA JUGA:Lampu Hijau, Proyek Peningkatan Ruas Jalan Sukau-Lumbok Seminung Sedang Proses Lelang

"Saya berpesan agar pemilik sapi selalu memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar kandang sapi, dimana ini. untuk mencegah penularan penyakit karena penularannya lewat lalat dan nyamuk," jelasnya. 

Tanaman yang tinggi atau rumput yang sekiranya dapat menjadi sarang nyamuk sebaiknya dibersihkan. Juga bisa menggunakan obat nyamuk atau kalau bahasa sini kan diasapi (bediang) juga.

Sementara terkait vaksinasi virus LSD,pihak UPT akan menggelar penyuntikan secara gratis yang akan dilaksanakannya di bulan depan (Juli).

"Untuk penyuntikan nanti kita akan melaksanakan secara gratis pada 5 Juli 2023, karena vaksin baru datang beberapa hari yang lalu," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: