Dinkes Lampung Barat Pastikan Gedung Eks UPT Puskesmas Air Hitam Masih Dimanfaatkan

Dinkes Lampung Barat Pastikan Gedung Eks UPT Puskesmas Air Hitam Masih Dimanfaatkan

Gedung eks Puskesmas Air Hitam--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.IDDinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lampung Barat memastikan bahwa keberadaan gedung eks UPT Puskesmas Air Hitam hingga kini masih tetap dimanfaatkan oleh pihak puskesmas.

“Gedung eks UPT Puskesmas Air Hitam masih dimanfaatkan oleh pihak Puskesmas Air Hitam utamanya ketika ada penerimaan dokter internship, dan ada yang Praktek Kerja Lapangan (PKL). Jadi gedung itu dimanfaatkan untuk tempat tinggal atau asrama,” ungkap Sekretaris Dinas Kesehatan Cahyani Susilawati, S.K.M, M.Kes, mendampingi Kepala Dinas Kesehatan dr. Widyatmoko Kurniawan, S.Pb, Senin 3 Juli 2023.

Cahyani mengatakan di sekitar lokasi gedung eks Puskesmas Air Hitam itu terdapat perumahan yang dimanfaatkan untuk tempat tinggal petugas kesehatan, dan mengingat perumahan puskesmas terbatas sehingga khusus untuk gedung eks Puskesmas digunakan pada saat ada penerimaan dokter Internship dan anak PKL.

“Gedung eks Puskesmas Air Hitam itu tidak terbengkalai karena masih dimanfaatkan oleh pihak puskesmas untuk asrama, dan untuk listriknya masih dibayar setiap bulannya oleh dinas,” kata dia.

BACA JUGA:16 Dokter Internship Mengabdi di Lampung Barat

Lebih jauh Cahyani mengungkapkan, pihak penyuluh pertanian pernah mengajukan surat ke Dinas Kesehatan agar gedung eks Puskesmas Air Hitam tersebut bisa digunakan oleh penyuluh pertanian namun hingga saat ini belum ada tindak lanjutnya. 

Sementara dari peratin atau pihak Pekon Semarang Jaya, hingga kini Dinas Kesehatan belum pernah menerima surat maupun usulan terkait rencana pemanfaatan gedung tersebut. 

“Yang jelas gedung eks Puskesmas Air Hitam tersebut masih bagus dan dimanfaatkan oleh pihak puskesmas utamanya ketika ada penerimaan dokter internship, tenaga kesehatan dan PKL,” pungkas dia. 

Sekadar diketahui, gedung bekas (eks) Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Lampung Barat yang berada di Pekon Semarang Jaya diduga terbengkalai.

BACA JUGA:8 Personel Polres Pesisir Barat Naik Pangkat

Peratin Semarang Jaya Damsiri mengungkapkan jika pihak pekon berminat memanfaatkan gedung tersebut untuk fasilitas pekon seperti menjadi gedung Lembaga Himpun Pemekonan (LHP). 

Bahkan sangat tepat dijadikan balai pekon atau pusat pemerintah pekon tersebut. 

Dan untuk merealisasikan niatan itu, pihak pekon pernah beberapa kali mengajukan usulan permohonan pemanfaatannya. 

Dengan harapan Pemkab Lambar dapat memberikan rekomendasi perizinan jika memang dapat di alih status kan menjadi aset pekon. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: