Edukasi Karakter Siswa Melalui Program Kurban

Edukasi Karakter Siswa Melalui Program Kurban

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dalam rangka merayakan Idul Adha, Sekolah Dasar Islam Terpadu Daarul Qudwah Liwa, Kabupaten Lampung Barat menyelenggarakan program Daarul Qudwah Berkurban sebagai sarana pendidikan karakter siswa dan pengenalan ibadah qurban. 

Penyembelihan hewan qurban berupa 1 ekor sapi dan 1 ekor kambing dilaksanakan di lingkungan SDIT Daarul Qudwah, pada Sabtu, 1 Juli 2023.

BACA JUGA:Rencana Pemkab Lampung Barat Mutasi Pejabat Masih Dalam Proses

Kepala SDIT Daarul Qudwah Muzannur, S.Pd., menyampaikan bahwa kegiatan tersebut sebagai sarana edukasi ibadah qurban terhadap peserta didik untuk meneladani Keikhlasan Nabi Ibrahim dalam menjalankan perintah Allah SWT sehingga akan menumbuhkan jiwa sosial dan semangat berbagi, hal ini sangat penting untuk ditanamkan pada diri anak anak sejak dini.

Kegiatan edukasi dilakukan dengan mengajak siswa-siswi mengamati tata cara penyembelihan hewan qurban dan melibatkan peserta didik (kelas tinggi) memotong, menimbang dan membagi daging qurban. 

BACA JUGA:Pemerintah Jangan Tutup Mata! Jalur Way Tenong - Air Hitam Rusak Parah

Kegiatan edukasi kemudian dilanjutkan dengan menyimak Kisah teladan Nabi Ibrahim dan Ismail, permainan menyusun puzzle seputar ibadah qurban dan makan siang bersama. 

"Semoga kegiatan ini dapat menumbuhkan semangat untuk menebar kebaikan terhadap sesama serta menjadi pengalaman yang berkesan untuk siswa-siswi," tutur Muzannur.

BACA JUGA:Peratin Dede Berniat Jadikan Usahanya Percontohan Program Ketahanan Pangan

Menurut dia, program Daarul Qudwah Berqurban terlaksana atas kerjasama dewan guru,  orang tua siswa, dan peserta didik. Penghimpunan qurban dilaksanakan oleh panitia selama 1 bulan sebelum pelaksanaan.

“Tahun ini SDIT Daarul Qudwah menyalurkan 80 paket daging qurban untuk warga sekolah, wali murid dan masyarakat sekitar. Program ini sudah menjadi agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun, selain sebagai ibadah berqurban, juga sebagai sarana merekatkan silaturahmi dan ukhuwah Islamiyah,” tutupnya.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: