Difasilitasi PD Muhammadiyah, Masyarakat Lampung Barat Shalat Idul Adha

Difasilitasi PD Muhammadiyah, Masyarakat Lampung Barat Shalat Idul Adha

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Bertempat di lapangan sepakbola Pekon Sebarus Kecamatan Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat, Rabu 28 Juni 2023, ribuan masyarakat dari Kecamatan Balik Bukit dan sekitarnya melaksanakan shalat idul adha 1444 hijriah.

Pelaksanaan shalat idul adha tersebut difasilitasi oleh Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) Lampung Barat dan DKM An-Nur, dengan tema ‘Melalui Qurban Menciptakan Kerukunan Dan Meningkatkan Ketaqwaan’ bertindak selaku imam Noval Mustofa dan Khotib Josep Yasa Nepromika, S.Pd., yang menyampaikan tentang kewajiban dan etika dalam berqurban. 

Ketua PDM Lampung Barat Martin Wizep, mengatakan pelaksanaan sholat Idul Adha yang jatuh pada hari ini, berdasarkan hasil dari perhitungan hisab Pimpinan pusat Muhammadiyah, melalui sidang majelis  Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah yang dilaksanakan pada 23 Desember 2022 lalu.

"Keputusan PP Muhammadiyah telah menetapkan 1 Dzulhijjah 1444 H jatuh pada tanggal 19 Juni 2023,” ungkap Martin Wizep.

BACA JUGA:Ini Penyebab Asma Kambuh dan 5 Cara Mengatasinya

Dengan demikian, kata dia, Wukuf di Arafah 9 Dzulhijjah 1444 H bertepatan pada tanggal 27 Juni 2023 dan sholat Idul Adha jatuh pada 28 juni 2023, sehingga hari ini dibeberapa tempat di Lampung Barat telah melaksanakan sholat Idul Adha. 

Ia mengajak kepada seluruh warga Muhammadiyah untuk melaksanakan sholat Idul Adha dengan penuh khidmat, khusyuk dan penuh kerendahan diri, serta menghimbau kepada warga persyarikatan untuk saling menghormati perbedaan waktu pelaksanaan sholat Idul Adha tahun ini.

"Pelaksanaan sholat dan rangkaiannya berjalan lancar, aman dan tertib, ada sekitar 1.200-an warga yang ikut sholat di lapangan Sebarus, dan yang pasti kita warga Muhammadiyah tidak mempersoalkan perbedaan waktu, bahkan kita sangat menghormati," ujar Martin.

"Semoga kita semua, memahami dan meneladani apa yang menjadi pesan Khotib dari atas mimbar, diantaranya, tentang makna hari raya Idul Adha, tentang tata cara memotong hewan qurban, syarat-syarat hewan qurban yang baik, dan atas nama warga Muhammadiyah Lampung Barat, menyampaikan, selamat hari raya Idul Adha 1444 H,” pungkasnya.

BACA JUGA:Dinas Sosial Bersama Satpol PP bandar Lampung Gelar Razia ODGJ

Ia juga menyampaikan apresiasi atas dukungan Polri yang ikut mengamankan lokasi secara langsung. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: