Idul Adha, Tidak Ada Remisi Bagi WBP di Rutan Krui

Idul Adha, Tidak Ada Remisi Bagi WBP di Rutan Krui

Ilustrasi Remisi-freepik.com-

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Rumah tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Krui, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) memastikan pada perayaan Idul Adha 1444 Hijriah tahun 2023, tidak ada remisi untuk Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) atau narapidana di Rutan setempat.

Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Kelas IIB Krui, Dadang Adi Patianum, S.H., mengatakan, Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) tidak memberi remisi kepada para narapidana muslim yang merayakan Hari Raya Idul Adha. 

Hal itu karena remisi sudah diberikan saat perayaan hari besar sebelumnya, yakni Hari Raya Idul Fitri lalu.

“Untuk remisi khusus atau pengurangan masa hukuman bagi WBP itu hanya satu kali dalam setahun salah satunya bagi WBP muslim itu yakni hanya untuk Hari Raya Idul Fitri saja, sedangkan Hari Raya Idul Adha tidak ada remisi,” katanya.

BACA JUGA:Perubahan SKB, Cuti Bersama Idul Adha Dua Hari, Pemkab Pesisir Barat Layangkan Surat ke OPD

Dikatakannya, dalam pemberian remisi khusus itu sesuai dengan aturan yang berlaku, begitu juga dengan WBP non muslim tetap sama untuk pemberian remisi khusus itu hanya sekali dalam setahun. 

Selain remisi khusus di Rutan Krui juga tetap memaksimalkan untuk pengusulan pemberian remisi umum seperti pada saat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia setiap tanggal 17 Agustus. 

Untuk remisi umum itu berlaku bagi semua WBP baik muslim maupun non muslim.

“Dengan tidak adanya remisi khusus Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah pada 29 Juni 2023 mendatang itu tentu diharapkan agar dapat dipahami dan dimaklumi oleh seluruh WBP maupun keluarga WBP di Rutan Krui ini,” ujarnya.

BACA JUGA:Lewat GPM, DKPP Pesbar Jual Bahan Pangan di Bawah Harga Pasar

Mengingat, kata dia, setiap tahun saat perayaan Idul Adha memang tidak ada remisi khusus dari Kemenkumham RI. 

Sedangkan, dalam perayaan Idul Adha bagi WBP di dalam Rutan Krui tetap sama dengan tahun-tahun sebelumnya, baik dalam pelaksanaan shalat Idul Adha maupun kegiatan lainnya.

“Rutan Krui tetap memberikan pembinaan dan pelayanan yang maksimal terhadap semua WBP, seperti kegiatan pada saat perayaan Idul Adha nanti,” pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: