Lewat GPM, DKPP Pesbar Jual Bahan Pangan di Bawah Harga Pasar

Lewat GPM, DKPP Pesbar Jual Bahan Pangan di Bawah Harga Pasar

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), melaksanakan gerakan pangan murah (GPM) dalam rangka stabilisasi harga pangan yang dilaksanakan di halaman Komplek Perkantoran Pemkab Pesbar Senin 26 Juni 2023.

Hadir dalam kesempatan itu, Bupati Pesbar Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H, M.H., Wakil Bupati Ahmad Zulqoini Syarif, S.H., Plt. Sekda Pesbar Drs, Jon Edwar, M. Pd., Ketua TP-PKK Ny. Septi Istiqlal., Kepala OPD Forkopimda, dan masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Agus Istiqlal., mengapresiasi gerakan pangan murah yang merupakan kegiatan Badan Pangan Nasional (Bapanas), Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung serta Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Pesisir Barat.

“Gerakan pangan murah merupakan salah satu langkah pemerintah baik pusat, provinsi dan kabupaten untuk menstabilkan harga pangan dan menekan laju inflasi,” kata dia.

BACA JUGA:Akibat Tiang Roboh, Listrik Wilayah Way Tenong Sumber Jaya Padam

Dijelaskannya, pangan merupakan kebutuhan pokok masyarakat, akan tetapi saat ini harga bahan pangan di pasaran mengalami peningkatan yang cukup signifikan sehingga secara tidak langsung berpengaruh terhadap peningkatan laju inflasi di indonesia.

“Beras, minyak goreng, telur, cabai besar, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, dan gula merupakan kebutuhan pokok rumah tangga. Sehingga tingginya harga tersebut membuat masyarakat menjadi susah,” jelasnya.

Oleh sebab itu, Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat melalui DKPP bekerjasama dengan badan pangan nasional (bapanas), Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung, Bulog Divre Lampung Utara, peternak serta kelompok tani menyelenggarakan GPM serentak di kabupaten pesisir barat.

“Kegiatan ini untuk membantu masyarakat Kabupaten pesbar agar dapat membeli bahan pangan dengan harga murah yang dibawah harga pasar,” terangnya.

BACA JUGA:HORE!! 2 Tunjangan Guru PNS-PPPK Cair Jelang Idul Adha

Dikatakannya, GPM serentak kali ini dilaksanakan untuk mengantisipasi hari besar keagamaan nasional yakni hari raya idul adha yang berpotensi terjadinya kenaikan harga bahan pangan di Kabupaten Pesbar.

Melalui GPM diharapkan semua stakeholder terkait ikut serta berkontribusi dan menjadikan kegiatan ini rutin diselenggarakan di Kabupaten Pesbar.

"Kami selaku pemerintah daerah berharap agar kegiatan GPM ini tidak hanya membantu masyarakat untuk dapat membeli bahan pangan dengan harga murah tapi juga dapat menghidupkan UMKM di Kabupaten Pesbar,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: