Penanganan Stunting dan Kemiskinan Ekstrim, Disbunnak Lampung Barat Siapkan Bantuan Ternak Kambing

Penanganan Stunting dan Kemiskinan Ekstrim, Disbunnak Lampung Barat Siapkan Bantuan Ternak Kambing

Ilustrasi-freepik.com-

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Dalam rangka penurunan stunting dan kemiskinan ekstrim. Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Lampung Barat tahun ini akan mengalokasikan bantuan ternak kambing kepada keluarga miskin ekstrim.

“Bantuan ternak kambing ini arahnya untuk penanganan stunting dan kemiskinan ekstrim di Kabupaten Lampung Barat,” ungkap Kabid Peternakan Mochamad Budiarto mendampingi Kepala Disbunnak Yudha Setiawan, Senin 26 Juni 2023.

Budi menjelaskan,  jumlah ternak kambing yang disiapkan tahun ini sebanyak 100 ekor  bersumber dari dana alokasi khusus (DAU) tahun 2023.

“Sebanyak 100 ekor ternak itu rinciannya 80 ekor betina dan 20 ekor jantan,” kata dia.

BACA JUGA:RAPI Wilayah VII Lampung Barat Salurkan Bantuan untuk Korban Kebakaran di Tiga Lokasi

Dikatakannya, ada 25 pekon lokus stunting dan kemiskinan ekstrim di Kabupaten Kabupaten Lambar namun pihaknya akan turun kelapangan untuk melakukan CPCL (calon penerima, calon lokasi).

“Untuk penerima bantuan kambing ini belum ditentukan karena kita masih akan melakukan CPCL,” kata dia.

Melalui bantuan ternak kambing ini, diharapkan dilakukan pemeliharaan dengan baik oleh keluarga penerima bantuan dan hasilnya nanti bisa meningkatkan pendapatan keluarga dan bisa digunakan untuk menekan angka stunting dan kemiskinan ekstrim.

”Dari hasil peternakan itu kemudian bisa dilakukan pengembangan untuk peningkatan pendapatan ekonomi. Minimal bisa membantu menyediakan pangan bagi masyarakat yang kekurangan gizi itu,” pungkas dia.

BACA JUGA:Warga Lingkungan Pantau Dapat Bantuan Tandon Air dari Polres Lampung Barat

Sekadar diketahui, 25 pekon lokus stunting dan kemiskinan ekstrim yaitu Pekon Roworejo, Pekon Tuguratu, Pekon Bandar Agung, Pekon Suoh, Pekon Bumi Hantatai, Pekon Negeri Jaya, dan Pekon Tri Mekarjaya (Kecamatan Bandar Negeri Suoh), Kelurahan Pajar Bulan, Pekon Karang Agung, Pekon Sukananti, Pekon Padang Tambak dan Pekon Tambak Jaya (Kecamatan Way Tenong).

Lalu, Pekon Padang Cahya, Pekon Bahway, Pekon Sukarame, Kelurahan Pasar Liwa, dan Pekon Sebarus (Kecamatan Balik Bukit). 

Pekon Hujung, Pekon Kenali, Pekon Bedudu, Pekon Suka Makmur dan Pekon Serungkuk (Kecamatan Belalau) dan Pekon Suka Marga, Pekon Sidorejo dan Pekon Sumberagung (Kecamatan Suoh).*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: