Gubernur Lampung Ajak Mahasiswa KKN Unila Berperan Nyata untuk Masyarakat

Gubernur Lampung Ajak Mahasiswa KKN Unila Berperan Nyata untuk Masyarakat

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengajak para mahasiswa peserta KKN Universitas Lampung (Unila) dan KKN Siger Berjaya untuk bisa berkarya dan berperan nyata untuk masyarakat Provinsi Lampung.

Pesan Gubernur itu disampaikan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kusnardi saat Penyerahan Mahasiswa KKN Unila Periode II dan KKN Siger Berjaya Perguruan Tinggi di Lampung Tahun 2023 di GSG Unila, Jumat 23 Juni 2023.

"Para peserta KKN jadilah penggerak roda pembangunan, wujudkan Lampung selalu terdepan," kata Kusnardi.

Kusnardi mengatakan pelaksanaan KKN harus disesuaikan dengan kondisi masyarakat setempat. 

BACA JUGA:Lurah Enggal Bagikan Bantuan 275 Karung Beras PKH

Dimana sebelumnya juga dilaksanakannya observasi untuk mengetahui bagaimana kondisi riil dan apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakat.

"KKN juga akan berjalan efektif, manakala mahasiswa yang terlibat di dalamnya bersikap proaktif dan tidak tinggal diam dalam menghadapi berbagai kondisi yang mungkin terjadi di lapangan," katanya.

Kusnardi meminta agar para mahasiswa peserta KKN saat menyatu dengan masyarakat untuk menjaga nama baik diri sendiri, keluarga dan almamater serta bersikap sopan, santun dan rendah hati dengan masyarakat setempat.

"Tunjukan bahwa kedatangan anda memiliki makna dan tidak sia-sia serta jadikanlah lokasi KKN, baik tata pemerintahan, tata kehidupan bermasyarakat, budaya dan adat istiadat, potensi alam, sumber daya manusia dan lain-lain merupakan laboratorium mini untuk menambah pengetahuan dan keterampilan," ujarnya.

BACA JUGA:Soal Kekosongan Jabatan Dinas ESDM, Ini Kata Sekdaprov Lampung

Ia mendorong agar mahasiswa harus mampu membuktikan bahwa dirinya merupakan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan dan siap untuk berkompetisi di era globalisasi dewasa ini. 

Terakhir, Ia mengajak para mahasiswa peserta KKN untuk bisa mensosialisasikan dan menginformasikan berbagai kebijakan dan program pembangunan pemerintah Provinsi Lampung yang saat ini terus dilaksanakan kepada masyarakat.

"Sehingga masyarakat dapat mengetahui berbagai informasi tentang pembangunan pemerintah yang saat ini dilaksanakan," katanya.

Sebagai informasi, untuk mahasiswa Unila yang akan melaksanakan KKN meliputi KKN Reguler, KKN Kebangsaan, KKN MBKM dan KKN Bilateral.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: