Soal Kekosongan Jabatan Dinas ESDM, Ini Kata Sekdaprov Lampung

Soal Kekosongan Jabatan Dinas ESDM, Ini Kata Sekdaprov Lampung

Sekdaprov Lampung Fahrizal Darminto--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Setelah melantik enam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) saat ini masih ada satu Dinas yang masih kosong di Lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung yakni Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). 

Diketahui Jabatan Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral itu sudah tiga tahun mengalami kekosongan yang saat ini dijabat oleh Pelaksana tugas (Plt) Febrizal Levi. 

Saat dimintai keterangan, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Lampung Fahrizal Darminto mengatakan kekosongan tersebut akibat tidak terpenuhi atau kurang dari tiga nama yang lolos dalam tahapan seleksi.

"Dinas ESDM itu kan masih kosong, sebab tempo hari belum memenuhi tiga calon. Tetapi nanti akan kita lihat kembali apakah akan kita lakukan Job Fit atau Open Bidding, " terangnya saat dimintai keterangan Jumat 23 Juni 2023.

BACA JUGA:Rutan Krui Terima Kunjungan Hakim Wasmat

Lanjutnya, dalam pengisian jabatan kosong ada dua mekanisme yaitu melalui penunjukan kepada pejabat eselon II sesuai dengan kriteria (Job Fit) atau seleksi dari Pejabat Eselon I secara terbuka (Open bidding) melalui tahapan-tahapan yang sudah ditentukan.

"Kita sudah lakukan upaya tetapi memang sampai saat ini belum memenuhi persyaratan dan juga penetapan pelantikan sepenuhnya menjadi hak prerogatif gubernur," jelasnya. 

Ia mengatakan alurnya pengajuan dari Provinsi sudah sesuai maka diserahkan kepas Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). 

"Setelah disetujui KASN menyerahkan kepada gubernur, lalu gubernur memilih dari 3 nama itu," jelasnya. 

BACA JUGA:Wagub Nunik Lantik 6 Pejabat Eselon II Pemprov Lampung, Satu Orang Berhalangan Hadir, Berikut Daftar Namanya

Sebelumnya Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim, SH, M.Si, M.Kn, Ph.D, (Nunik) melantik dan mengambil sumpah jabatan lima pejabat jabatan pimpinan tinggi pratama (JPTP) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung. 

Acara pelantikan tersebut berlangsung di ruang rapat utama kantor gubernur Lampung, Jumat 23 Juni 2023.

Pelantikan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Nomor: 821.21/264/VI.04/2023 Tertanggal 21 Juni 2023.

Berikut nama dan jabatan Pejabat yang dilantik, 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: