Cegah Rabies, Distan Bandar Lampung Beri Vaksin Gratis Untuk Hewan Peliharaan Masyarakat

Cegah Rabies, Distan Bandar Lampung Beri Vaksin Gratis Untuk Hewan Peliharaan Masyarakat

Kepala Dinas Pertanian Kota Bandar Lampung, Agustina--

BANDAR LAMPUNG, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dinas Pertanian (Distan) Kota BANDAR LAMPUNG menghimbau masyarakat setempat untuk segera memvaksin hewan peliharaannya guna mencegah penularan rabies.

Kepala Distan Bandar Lampung, Agustina Menyampaikan, pihaknya sudah menyediakan 1000 dosis lebih vaksin rabies untuk diberikan pada hewan peliharaan masyarakat secara gratis.

Ada beberapa jenis hewan yang memang berpotensi terhadap penyakit rabies seperti kucing, anjing, monyet serta musang dan hewan lainnya.

"Sudah kami koordinasi ke kecamatan dan kelurahan yang ada di Kota Bandar Lampung, masyarakat sudah dihimbau untuk segera memvaksin hewan peliharaan secara gratis bisa di Pusat Kesehatan Hewan (Puskesmas Kecamatan Kemiling) pelayanan buka setiap hari sesuai jam kerja," kata Agustina.

BACA JUGA:Do'a Puasa Arafah dan Tarwiyah

Agustina menyampaikan, pihaknya selalu rutin mensosialisasikan kepada masyarakat terkait bahaya penyakit rabies pada hewan.

"Kemarin pada acara Bandar Lampung Expo dan UMKM kita adakan juga vaksin gratis, pokoknya semaksimal mungkin lah bagaimana sehingga masyarakat terlayani secara maksimal," pungkasnya. 

BACA JUGA:KPU Way Kanan Tetapkan DPT Pemilu 2024, Ini Jumlahnya

Seberapa Bahaya Penyakit Rabies?

Beberapa waktu terakhir hingga kini ramai penyakit rabies, hewan yang terjangkit jika menggigit manusia bisa sampai menyebabkan kematian.

Sub Koordinator Substansi Karantina Hewan Balai Karantina Pertanian Kelas I Bandar Lampung, Akhir Santoso menyampaikan ciri-ciri hewan yang terjangkit penyakit rabies.

"Jadi kalau ada hewan peliharaan seperti kucing, anjing atau kera yang positif rabies menunjukkan perilaku tidak wajar alias gila," ujarnya.

BACA JUGA:262 Perkara Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak, Lampung Tengah Sumbang Kasus Tertinggi

Akhir menyampaikan bahwa hewan yang terjangkit rabies cenderung agresif dan mudah menyerang manusia atau hewan lainnya, serta memiliki air liur banyak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: