Do'a Puasa Arafah dan Tarwiyah

Do'a Puasa Arafah dan Tarwiyah

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dzulhijah adalah bulan haram yang mana dalam sabda Rasulullah SAW bersama tiga bulan lainnya, yakni Dzulqa’dah, Muharram, dan Rajab.

Pada bulan Dzulhijjah, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amal saleh, terutama di sepuluh hari pertama bulan tersebut. 

Amalan tersebut diantaranya membaca Al-Qur’an, berdzikir, sedekah, serta amalan baik lainnya dapat ditingkatkan yang mana menjadi amalan yang dikerjakan pada awal Dzulhijjah. 

Rasulullah SAW bersabda,

BACA JUGA:KPU Way Kanan Tetapkan DPT Pemilu 2024, Ini Jumlahnya

 مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهَا أَحَبُّ إِلَى اللهِ مِنْ هٰذِهِ الأَيَّامِ. يَعْنِيْ أَيَّامَ الْعَشْرِ. قَالُوا يَا رَسُولَ اللهِ وَلَا الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللّٰهِ قَالَ وَلَا الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللّٰهِ إِلَّا رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ بِشَيْءٍ   

Artinya: “Tidak ada hari dimana amal shalih padanya lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini, yakni 10 hari pertama Dzulhijjah. Para sahabat bertanya: ‘Tidak juga dari jihad fi sabilillah?’ Beliau menjawab: ‘Jihad fi sabilillah juga tidak, kecuali seseorang yang keluar dengan diri dan hartanya lalu ia tidak kembali dengan satupun dari keduanya.” 

Puasa Dzulhijah tanggal 1 sampai 7 disunnahkan untuk melaksanakan ibadah haji atau tidak. Sementara tanggal 8 Dzulhijjah (puasa Tarwiyah) dan 9 Dzulhijjah (puasa Arafah) hanya disunnahkan bagi yang tidak melaksanakan ibadah haji.

Pada tanggal 8 dan 9 Dzulhijjah Pelaksanaan puasanya sama dengan puasa pada umumnya, yang dimulai dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari. 

BACA JUGA:Kenali 6 Tanda Ini, Mulai 100 Hari Sebelum Kematian hingga Malaikat Maut Menjemput

Selama waktu tersebut harus mencegah hal-hal yang dapat membatalkan puasa.

Niat Puasa Tanggal 1 Sampai 7 Dzulhijjah

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِيْ الْحِجَّةِ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى   

Artinya: “Saya niat puasa sunnah bulan Dzulhijjah karena Allah ta’ala.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: