Pekon Sumber Alam Salurkan Program Ketahanan Pangan Triwulan Pertama

Pekon Sumber Alam Salurkan Program Ketahanan Pangan Triwulan Pertama

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Pekon Sumber Alam, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) mendistribusikan program ketahanan pangan bidang hewani kepada masyarakat untuk triwulan pertama, periode Januari, Februari dan Maret, Selasa 20 Juni 2023.

Dalam penyaluran yang dipusatkan di gedung balai rakyat Pekon Sumber Alam tersebut, dihadiri langsung Camat Bambang Hermanto, S.Pdi, Petugas Babinsa dan Bhabinkamtibmas Pekon Sumber Alam, Pendamping Lokal Desa, Bidan Desa dan Perawat Pekon, Jajaran Lembaga Himpun Pekon (LHP), Dan para aparatur pekon serta masyarakat penerima manfaat. 

Bentuk bantuan program ketahanan pangan jenis hewani yang disalurkan tersebut adalah berupa ayam dan ikan siap konsumsi. Dan bantuan dana untuk Program bidang nabati, serta makanan tambahan pencegahan stunting. 

Dalam sambutannya Camat Bambang, memberikan apresiasi kepada warga dan aparatur pemerintahan Pekon Sumber Alam, terkait program ketahanan pangan yang tertuang dalam prioritas Anggaran Dana Desa (ADD). 

BACA JUGA:Soal Konflik Lahan, PTPN 7 Way Berulu Tolak Ukur Ulang HGU

Pihaknya berpesan agar bantuan dimanfaatkan sebaik mungkin sesuai dengan harapan pemerintah, karena esensi dari program itu betul-betul tepat guna, tepat sasaran dan tepat manfaat,

Dikemukakan Peratin Sumber Alam Husain, realisasi program ketahanan pangan bidang hewani berupa penyaluran ikan dan ayam siap konsumsi tersebut, tentunya agar bantuan betul-betul dapat dirasakan manfaatnya bagi warga dalam rangka dukungan pemenuhan gizi diantaranya sebagai upaya pencegahan stunting.

"Kami sengaja salurkan bantuan ketahanan pangan seperti ayam dan ikan siap saji ini, karena belajar dari pengalaman tahun sebelumnya dimana bantuan yang diberikan adalah bentuk bibit/benih ikan, Namun ternyata hasilnya kurang maksimal," sebutnya.

Dalam program pembagian ayam dan ikan tersebut setiap penerima memperoleh 3 ekor ayam siap potong dan 3 kg ikan, di mana setiap bulannya masyarakat penerima berjumlah 32 orang, Artinya dalam kalkulasi, dalam satu tahun anggaran mampu menyentuh 384 Kepala Keluarga (KK).

BACA JUGA:Kalungkan Selendang, Pj Bupati Lampung Barat Nukman dan Istri Ikuti Keseruan 'Nyambai'

Pada penyaluran tersebut pihak pekon juga salurkan program ketahanan berupa dana pangan nabati, kepada kelompok-kelompok yang sudah mengusulkan, seperti kelompok Sumber Rezeki dan kelompok Tunas Harapan.

Husain meminta dana tersebut digunakan untuk menanam pangan seperti cabai, kacang-kacangan dan sayuran lainnya. 

Jadi masyarakat untuk kebutuhan lauk tidak sepenuhnya beli di pasar tetapi dapat memanfaatkan lahan yang diproduksi untuk tanaman hortikultura.

"Dalam kesempatan penyaluran program ketahanan pangan ini juga pemerintah pekon serahkan bantuan makanan tambahan program stunting kepada 5 orang berupa telur Thomas susu dan sembako serta beberapa lainnya," papar Husain. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: