Lestarikan Budaya, Pemkab Lampung Barat Gelar Ngelemang Bebakhong

Lestarikan Budaya, Pemkab Lampung Barat Gelar Ngelemang Bebakhong

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dalam rangka memeriahkan perhelatan Karisma Event Nusantara Festival Budaya Sekala Bekhak (FBSB) ke-9 Tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Lampung Barat melalui Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) menggelar Ngelemang Bebakhong, Selasa 20 Juni 2023. 

Kegiatan yang berlangsung di Pelataran Komplek Pemkab Lambar tersebut diikuti 16 Pekon yang berasal dari Kecamatan Balik Bukit dan Kecamatan Batu Brak, Kelurahan Pasar Liwa serta Kelurahan Way mengaku. 

Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat Drs. Nukman M.M mengikuti langsung proses pembuatan lemang tersebut. 

Selain itu, perhelatan Ngelemang Bebakhong juga saksikan langsung oleh Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Dra. Zelda Naturi Nukman, sejumlah Kepala Perangkat Daerah, Camat, Lurah dan Peratin. 

BACA JUGA:10 Pekon di Kebun Tebu Serentak Salurkan Bantuan Beras CPP Tahap lll

Dalam kesempatan tersebut, Pj. Bupati Nukman menyampaikan rasa bangganya, sebab perhelatan Festival Budaya Sekala Bekhak masuk salah satu event nasional. 

"Jadi event Nasional di Lampung ini hanya ada dua, yakni Festival Budaya Sekala Bekhak dan Festival Krakatau," ujar Nukman.

Dirinya menyambut baik sekaligus mengapresiasi kegiatan ngelemang bebakhong tersebut, pasalnya dikatakan pria yang merupakan asli putra daerah itu, budaya ngelemang merupakan warisan dari leluhur terdahulu yang patut dipertahankan.

"Jika dulu ngelemang ini terbudaya dilakukan ketika saat ada perhelatan besar saja, namun saat ini kita lakukan sebagai perlombaan dari salah satu rangkaian Karisma Event Nusantara Festival Budaya Sekala Bekhak ke-9," kata Nukman.

BACA JUGA:Pemeliharaan 40 Irigasi, DPUPR Lampung Barat Alokasikan Rp561 Juta

Nukman berharap, kegiatan ngelemang bebakhong tersebut ke depannya terus dilaksanakan setiap tahunnya. 

Dengan tujuan salah satu upaya melestarikan budaya ngelemang yang merupakan budaya khas masyarakat Lampung Barat. 

"Saya berharap kegiatan budaya ngelemang bebakhong ini kedepannya terus kita gelar, bahkan kalau bisa kita undang semua kecamatan yang ada di Lampung Barat untuk turut berpartisipasi memeriahkan acara Festival Budaya Sekala Bekhak,” harapnya

Nukman berpesan kepada seluruh peserta, agar dalam perlombaan tersebut dapat menjaga kebersamaan dan kekompakan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: