DKPP Pesisir Barat Klaim Ketersediaan Hewan Kurban Mencukupi

DKPP Pesisir Barat Klaim Ketersediaan Hewan Kurban Mencukupi

Daging hewan kurban akan dibagi-bagikan kepada masyarakat--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) mengklaim ketersediaan untuk kebutuhan hewan kurban sangat mencukupi. 

Sehingga, masyarakat tidak perlu khawatir mencari hewan ternak untuk hewan kurban tersebut.

Kabid Peternakan, Rahmat Nursan, mendampingi Kepala DKPP Kabupaten Pesbar, Unzir, S.P., mengatakan bahwa, berdasarkan data yang ada bahwa untuk jumlah ketersediaan hewan ternak di Kabupaten Pesbar terutama untuk hewan kurban itu sangat mencukupi yakni jenis Sapi tenak sebanyak 906 ekor dan jumlah siap potong ada 475 ekor. 

Kemudian, jumlah ketersediaan Kerbau ada 29 ekor dan yang siap potong sebanyak 15 ekor.

BACA JUGA:Gulirkan Program Ketahanan Pangan, Peratin Purjaya Akan Awasi dan Berikan Pembinaan

BACA JUGA:BPBD Lampung Barat Mencatat Terjadi 27 Bencana dengan Kerugian Mencapai Rp2 Miliar

“Selanjutnya, untuk ketersedian hewan ternak Kambing yakni sebanyak 591 ekor dan yang siap potong sebanyak 311 ekor, serta ketersediaan Domba sebanyak 130 ekor, sedangkan yang siap potong ada 85 ekor,” katanya, Senin 19 Juni 2023.

Dijelaskannya, jika melihat data yang tersedia serta pemantauan dan juga survey ke lapangan itu tentu ketersediaan stok kebutuhan hewan kurban di Kabupaten Pesbar ini sangat mencukupi dan tidak mengalami kekurangan. 

Artinya, stok untuk hewan kurban itu tidak ada kendala.

Tentu, semua yang terdata tersebut merupakan jenis hewan ternak yang dalam kondisi sehat dan siap untuk dijadikan sebagai hewan kurban.

BACA JUGA:Lubang 'Patching' Membahayakan, Pemkab Lampung Barat Dorong BPJN Segera Lanjutkan Penanganan

BACA JUGA:Di Depan Tim Evaluator Inspektorat Kemendagri, Nukman Beberkan Keberhasilan Turunkan Angka Stunting

“Meski begitu, terkait hewan kurban yang akan dipotong di Kabupaten Pesbar pada Hari Raya Idul Adha nanti baru akan diketahui jumlahnya setelah dilakukan pemotongan,” jelasnya.

Masih kata dia, DKPP Pesbar juga akan melakukan pemeriksaan terhadap hewan kurban di Kabupaten Pesbar yang rencananya akan dilaksanakan pada H-3 Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah mendatang. Mudah-mudahan dalam pemeriksaan hewan kurban nanti juga diharapkan tidak ada

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: