Pemkab Pesisir Barat Akan Bentuk Tim Relawan Pemadam Kebakaran

Pemkab Pesisir Barat Akan Bentuk Tim Relawan Pemadam Kebakaran

Ilustrasi Kebakaran-Freepik.com-

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Sebagai upaya mengantisipasi dan mencegah terjadinya musibah kebakaran terutama di wilayah padat penduduk. 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) melalui Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP-Damkar) akan membentuk tim relawan Pemadam Kebakaran.

Kasatpol PP-Damkar Kabupaten Pesbar, Cahyadi Moeis, mengatakan, rencana pembentukan tim relawan pemadam kebakaran di Pesbar ini dinilai penting. 

Mengingat beberapa wilayah yang ada di Kabupaten ini memiliki pemukiman penduduk yang cukup padat, selain itu juga rentan terjadi kebakaran. 

BACA JUGA:Festival Budaya Sekala Bekhak Ke 9 Tahun 2023 di Lampung Barat Resmi Dibuka

Sehingga penting untuk dibentuk tim relawan pemadam kebakaran.

“Beberapa wilayah padat pemukiman penduduk dan rawan terjadi musibah kebakaran itu salah satunya yang ada di wilayah Pekon Penengahan dan sekitarnya yang ada di Kecamatan Karya Penggawa, maupun wilayah lainnya,” katanya, Minggu 18 Juni 2023.

Ditambahkannya, seperti yang ada di Pekon Penengahan itu belum lama ini terjadi musibah kebakaran. 

Karena itu, mudah-mudahan rencana pembentukan tim relawan pemadam kebakaran itu nanti bisa segera terwujud, dan nantinya juga tetap akan bekerjasama dengan Pemerintah Pekon dan Kecamatan.

BACA JUGA:Petani Lansia di Lampung Barat akan Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Selain itu, dalam pembentukan tim relawan pemadam kebakaran juga tetap melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait lainnya.

Seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Sosial (Dinsos) maupun stakeholder terkait lainnya.

“Jika tim relawan pemadam kebakaran itu sudah terbentuk, maka nanti semua relawan juga akan mengikuti pelatihan khusus,” jelasnya.

Masih kata dia, rencana pelatihan khusus yang akan dilaksanakan nanti salah satunya bertujuan agar dapat meningkatkan sumber daya manusia (SDM) seluruh relawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: