Petani Lansia di Lampung Barat akan Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Petani Lansia di Lampung Barat akan Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Kepala DTPH Lambar Ir. Nata Djudin Amran--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dalam rangka merealisasikan salah satu manfaat Program Kartu Tani Berjaya (KPB) bagi petani yaitu mendapatkan jaminan sosial bagi petani lanjut usia (Lansia).

Maka pada tahun 2023 ini sebanyak 215 petani di Kabupaten Lampung Barat yang tergolong Lansia akan mendapat kesempatan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan yang biaya preminya ditanggung oleh  Pemerintah Provinsi Lampung.

Sebanyak 215 petani itu, rinciannya 65 petani di bawah binaan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) dan 150 petani melalui Dinas Perkebunan. 

“Melalui Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, ada 65 petani Lansia yang akan mendapatkan bantuan BPJS Ketenagakerjaan dari Pemerintah Provinsi Lampung,” ungkap Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Ir. Nata Djudin Amran, Minggu 18 Juni 2023.

BACA JUGA:Dukung Penurunan Stunting, Pemkab Lampung Barat Anggarkan Dana Rp15,087 Miliar

Dijelaskannya, tujuan utama program stimulan ini yaitu Pemerintah Provinsi Lampung berusaha hadir untuk melindungi para petani Lansia yang tergabung dalam kelompok tani dan ikut program Kartu Tani Berjaya.

“Petani Lansia yang mendapatkan program asuransi ini syaratnya petani yang bukan penerima upah/gaji bulanan tetap. Tapi targetnya adalah petani berumur 60 tahun keatas,” kata dia.

Kata dia, asuransi ini berupa asuransi kecelakaan kerja dan asuransi kematian.

“Jadi asuransi ini gratis karena preminya sudah dibayarkan oleh pemerintah selama satu tahun yaitu Januari hingga Desember tahun 2023,” tegasnya.

BACA JUGA:Jaya Bakery Lampung Gelar Pemilihan Brand Ambassador 2023

Dilain pihak, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Yudha Setiawan mengungkapkan, untuk petani di sektor perkebunan juga tahun ini mendapatkan bantuan BPJS Ketenagakerjaan.

“Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Perkebunan akan memberikan bantuan BPJS Ketenagakerjaan terhadap 150 petani di Kabupaten Lampung barat,” ujar Yudha. 

Kata dia, untuk penerima bantuan BPJS Ketenagakerjaan tersebut untuk petani yang lanjut usia dan maksimal umur 60 tahun serta diutamakan petani yang telah masuk dalam program Kartu Petani Berjaya (KPB).

“Kita mengucapkan terima kasih kepada Pemprov yang telah memberikan perhatian kepada petani perkebunan di Lampung Barat,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: