Disbunnak Lampung Barat Siapkan 33 Tim Pengawas Pemotongan Hewan Kurban

Disbunnak Lampung Barat Siapkan 33 Tim Pengawas Pemotongan Hewan Kurban

Sebanyak 33 tim ini akan akan melakukan pengawasan pemotongan hewan kurban-ilustrasi-

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Lampung Barat, akan menurunkan 33 tim  pengawas hewan kurban, pada perayaan hari raya idul adha 1443 hijriah mendatang.

Sebanyak 33 tim ini akan akan melakukan pengawasan di 131 Pekon, lima kelurahan di 15 kecamatan yang ada di bumi beguai jejama sai betik tersebut.

Demikian diungkapkan Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan pada Disbunnak Lampung Barat Mochamat Budiarto, dimana menurutnya tim pengawas hewan kurban pada lebaran Idul Adha dibentuk yang merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya.

"Dibentuknya tim pengawas kurban ini adalah untuk memastikan hewan kurban yang dipotong layak konsumsi, dimana tim pengawas kurban ini akan memeriksa kesehatan dan kelayakan hewan kurban yang akan dipotong pada antemortem (sebelum) dan post mortem (sesudah),” ungkapnya.

BACA JUGA:Stok Ternak di Lampung Barat Siap Potong Pada Idul Adha Sebanyak 1.703 Ekor

Dijelaskannya, pada tahapan pemeriksaan ante mortem itu kita cek kesehatan hewannya sebelum dipotong, untuk post mortem itu kita periksa daging hewan kurban yang sudah dipotong. 

Pengecekan post mortem sangat penting dilakukan untuk mengecek daging hewan kurban apakah layak atau tidak.

“Sebelum dipotong kita kan nggak tau dagingnya itu bagus apa enggak, takutnya kan ada cacingnya. Maka dari itu post mortem dilakukan guna pengecekan tersebut sekaligus sortir daging hewan kurban tersebut,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, mekanisme pelaksanaan, nantinya para tim pengawas akan turun langsung ke tempat-tempat pemotongan hewan kurban.

BACA JUGA:Penerimaan CPNS Formasi Dosen Dibuka September 2023, Ini Syaratnya

Tim akan disebar ke beberapa wilayah Lampung Barat dengan memberdayakan petugas-petugas Puskeswan yang ada di tiap kecamatan.

"Tentu kami akan berupaya untuk melakukan pengawasan secara maksimal terhadap kegiatan pemotongan hewan kurban nanti," imbuhnya.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: