PKBI Cabang Lampung Barat Gelar LCP2MGP

PKBI Cabang Lampung Barat Gelar LCP2MGP

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Cabang Lampung Barat menggelar Lomba Ceria Pengucapan Pancasila dan Menyanyikan lagu Garuda Pancasila (LCP2MGP) di Taman Kanak-Kanak (TK) Negeri 1 Balik Bukit, Selasa 13 Juni Tahun 2023.

“Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Ketua PKBI Cabang Lampung Barat bapak Tono Suparman,” ungkap Sekretaris PKBI Cabang Lampung Barat Sandarsyah mendampingi Ketua PKBI Cabang Lambar Partinia, Selasa 13 Juni 2023.

Kata Sandarsyah, kegiatan yang bertemakan “Akulah Pendukungmu, Sedia Berkorban Untukmu, Pribadi Bangsaku, Ayo Maju” ini diikuti oleh siswa-siswi berasal dari TK Negeri 1 Balik Bukit, TK Negeri 2 Balik Bukit dan TK Nurul Islam Liwa. 

Masing-masing sekolah mengirimkan peserta 10 orang siswa. Dengan demikian total peserta yang ikut lomba tersebut sebanyak 30 orang siswa. 

BACA JUGA:Si Dokkes Polresta Bandar Lampung Beri Pelatihan BHD Bagi Siswa Latja

Lanjut dia, adapun maksud digelarnya kegiatan LCP2MGP ini adalah untuk mengenang sejarah dan memperingati Hari Lahir Pancasila yang ke-78 yang bertepatan dengan 1 Juni 2023. 

Kata Ceria sendiri berarti bersih, suci, murni, sehingga seluruh peserta dan dewan juri harus berperilaku jujur dan adil pada ajang lomba ini. 

Sedangkan tujuan dari LCP2MGP ini adalah untuk meningkatkan kualitas penghormatan, kecintaan, dan kebanggaan generasi tunas bangsa terhadap ideologi dan dasar negara Pancasila. 

Disamping itu juga untuk meningkatkan pemahaman nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila secara sederhana di kalangan generasi tunas bangsa.

BACA JUGA:Atasi Kesulitan Jaringan Internet di Kubu Perahu, Pemkab Ajukan Pembangunan BTS ke Ditjen PPI

“Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah tumbuhnya sikap mental dan perilaku generasi tunas bangsa atau anak usia dini dalam pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan keluarga maupun di sekolah,” harapnya. 

Dalam kaitannya dengan maksud, tujuan dan hasil yang diharapkan tersebut maka PKBI Cabang Lampung Barat menilai bahwa dalam penghayatan dan pengamalan Pancasila yang terpenting dan harus dilakukan adalah berpikir secara luas (Tink Broadly), baru kemudian dimulai dari yang kecil (Start Small), dan selanjutnya lakukan sekarang (Do It Now)

Lebih jauh dia mengatakan, adapun Dewan Juri yang menilai peserta LCP2MGP berjumlah 3 orang, semua berasal dari pengurus PKBI Cabang Lampung Barat. 

Dalam kegiatan ini Panitia LCP2MGP menyiapkan penghargaan berupa dana dan piagam untuk enam orang pemenang, yaitu juara I, II, dan III untuk masing-masing kategori putra dan putri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: