Berusia 90 Tahun Lebih, Malasiah Mat Yusuf Jemaah Calon Haji Tertua di Pesisir Barat

Berusia 90 Tahun Lebih, Malasiah Mat Yusuf Jemaah Calon Haji Tertua di Pesisir Barat

Ilustrasi Haji-pixabay.com-

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Sebanyak 49 jemaah calon haji (Calhaj) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) akan dilepas oleh bupati Pesbar Dr.Drs.Agus Istiqlal, S.H, M.H., di komplek perkantoran Pemkab setempat untuk diberangkatkan ke asrama haji Bandar Lampung sekitar pukul 04.00 WIB, Rabu 14 Juni 2023.

Dari 49 jemaah itu, salah satu calhaj atas nama Malasiah Mat Yusuf asal Kecamatan Ngambur tercatat merupakan calhaj tertua dari Kabupaten setempat.

BACA JUGA:Arung Jeram, Wisata Penuh Tantangan di Lampung

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh, Hera Rohmawati, S.E, M.M., mendampingi Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pesbar Hi.Helmi S.Ag, S.Pd, M.M., mengatakan, di Kabupaten Pesbar terdapat satu orang jemaah calon haji yang tertua yakni jemaah calon haji wanita asal Kecamatan Ngambur atas nama Malasiah Mat Yusuf yang berusia 90 tahun, tiga bulan yakni lahir pada tanggal 12 Maret 1933.

“Sedangkan, untuk calhaj pria tertua berasal dari Kecamatan Karya Penggawa yakni atas nama Wasrudin Karta Diwirya berusia 76 tahun dua bulan,” katanya, Selasa 13 Juni 2023.

BACA JUGA:Lomba Lukis Mural di Area Gedung Parkir Pemkot Bandar Lampung

Selain itu, kata dia, untuk calhaj termuda pria berusia 36 tahun tiga bulan atas nama Mat Hasan asal Karya Penggawa, serta calhaj termuda wanita berusia 40 tahun atas nama Meliyana asal Karya Penggawa. 

Semua kondisi jemaah calon haji di Kabupaten Pesbar hingga kini dalam keadaan baik dan sehat, serta siap untuk berangkat melaksanakan ibadah haji ke tanah suci.

BACA JUGA:Tekan Angka Putus Sekolah, 1000 Beasiswa Diberikan Pemkot Bandar Lampung

“Semua jemaah calon haji akan dilepas langsung di komplek perkantoran Pemkab setempat untuk diberangkatkan menuju asrama haji Bandar Lampung besok subuh,” jelasnya.

Ditambahkannya, meski begitu sebelumnya juga ada dua jemaah calon haji yang berangkat lebih awal menuju asrama haji Bandar Lampung, karena dengan pertimbangan jemaah calon haji lansia, dan itu juga sudah dikoordinasikan dengan Kantor Kemenag setempat. 

BACA JUGA:Dewan Pengawas LPPL Radio Swara Praja FM Diberi Waktu Sebulan untuk 'Membela Diri'

Artinya, bagi calhaj yang lebih awal berangkat itu akan menunggu di asrama haji Bandar Lampung.

“Setelah tiba di asrama haji Bandar Lampung, calhaj asal Pesbar yang masuk gelombang II (Jeddah), tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 57 bersamaan dengan Kabupaten Lampung Tengah, dan Kota Bandar Lampung, itu langsung diberangkatkan ke Jakarta untuk menuju Jeddah,” pungkasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: