Tekan Angka Putus Sekolah, 1000 Beasiswa Diberikan Pemkot Bandar Lampung

Tekan Angka Putus Sekolah, 1000 Beasiswa Diberikan Pemkot Bandar Lampung

--

BANDAR LAMPUNG, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dinas Pendidikan bersama Kebudayaan (Disdik) Lampung melalui Data Pokok Pendidikan (Dapodik) mencatat sebanyak 15.965 pelajar putus sekolah

Kota Bandar Lampung sendiri kini menduduki peringkat ke-3 terbanyak anak putus sekolah, mencapai angka 1.601 anak, setelah Kabupaten Lampung Tengah mencapai 2.172 anak dan Lampung Selatan 1.974 anak.

Penyumbang terbesar angka anak putus sekolah di Bandar Lampung yakni di jenjang SMA/SMK. Kini Pemkot setempat sedang melakukan strategi guna mengurangi angka putus sekolah.

Diantaranya, Pemkot kini memberi atau memfasilitasi 1000 beasiswa untuk warga Bandar Lampung yang benar-benar membutuhkan dan kurang mampu.

BACA JUGA:Dewan Pengawas LPPL Radio Swara Praja FM Diberi Waktu Sebulan untuk 'Membela Diri'

"Insya Allah 1000 beasiswa ini bisa untuk kita tambah, kalo memang ada rezeki untuk Kota Bandar Lampung karna beasiswa ini merupakan strategi untuk tidak ada yang putus sekolah," ujar Eva Dwiana.

Untuk SMA sendiri memang sudah diambil alih oleh provinsi sehingga Pemkot tidak ada kewenangan. Sehingga, melalui beasiswa ini sebagai pengganti biling.

"Lain halnya untuk SMP, itu kita memang masih ada program untuk billing ini," kata Eva Dwiana.

Tidak hanya itu saja, kalau ada anak-anak ingin melanjutkan ke perguruan tinggi maka ada beasiswa bagi mereka juga.

BACA JUGA:Dinsos Lampung Salurkan 30 Paket Bantuan ke Korban Kebakaran

"Memang kita berikan juga beasiswa bagi siswa-siswa yang memang berprestasi serta kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan S1. Memang semua kita berikan fasilitas untuk terus berpendidikan," ucapnya.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Depdikbud Bandar Lampung, Mukyari Syukri, menyampaikan program biling hingga saat ini untuk pemkot masih ada.

"Tahun ini bagi kuota biling untuk SMP minimal 30 persen. Yang mana artinya memang boleh lebih dari itu tergantung dengan kondisi sekolah masing-masing, yang menerima siswa untuk sekolahnya," kata Mulyadi.

BACA JUGA:Anggota DPRD Lampung Selatan Jasroni Sosialisasikan IPWK di Desa Jatimulyo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: