Desa Purwotani dan Sinar Rezeki Laksanakan Musyawarah IDM 2023

Desa Purwotani dan Sinar Rezeki Laksanakan Musyawarah IDM 2023

--

LAMSEL, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Desa Purwotani dan Sinar Rezeki Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan melaksanakan Pemutakhiran Indek Desa Membangun (IDM) Berbasis SDGs yang bertempat di aula desa setempat, Senin 15 Juni 2023.

Dimana IDM merupakan Indeks Komposit yang dibentuk berdasarkan tiga indeks, yaitu Indeks Ketahanan Sosial, Indeks Ketahanan Ekonomi dan Indeks Ketahanan Ekologi/Lingkungan. Selain itu IDM di tahun 2023 ini juga mengacu pada SDGs.

BACA JUGA:Lagi, Gempa Bumi Berkekuatan 4.8 Magnitudo Terjadi di Pesisir Barat

Pada pemaparannya tenaga pendamping Kecamatan Rhama Natha Yeppy mengatakan Perangkat indikator yang dikembangkan dalam Indeks Desa Membangun dikembangkan berdasarkan konsepsi bahwa untuk menuju Desa maju dan mandiri perlu kerangka kerja pembangunan berkelanjutan di mana aspek sosial, ekonomi, dan ekologi menjadi kekuatan yang saling mengisi dan menjaga potensi serta kemampuan Desa untuk mensejahterakan kehidupan Desa.

Kebijakan dan aktivitas pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa harus menghasilkan pemerataan dan keadilan, didasarkan dan memperkuat nilai-nilai lokal dan budaya, serta ramah lingkungan dengan mengelola potensi sumber daya alam secara baik dan berkelanjutan.

BACA JUGA:Hajatan Rakernas I PJS di Kota Sriwijaya Palembang

Sementara pada penilaian pada IDM Tahun 2023 Desa Purwotani menyandang Desa Dengan Status Maju dengan nilai 0,7373 sedangkan untuk desa Sinar Rezeki naik dari yang sebelumnya Desa berkembang di tahun 2022 menjadi Desa Maju di tahun 2023 dengan nilai 0,7914. 

Sementara itu Pj.Kepala Desa Purwotani Tri Mulyono dalam kesempatan itu mengajak kepada seluruh stakeholder desa Purwotani untuk selalu bergotong royong agar nantinya desa Purwotani bisa menyandang status desa Mandiri 

BACA JUGA:Hore! Gaji ke 13 dan TPP ASN di Lampung Barat Cair, Ini Besarannya

Di tempat terpisah Sekretaris Desa Sinar Rezeki Widianto mewakili Kepala Desa Sinar Rezeki Drs.Daryanto mengatakan terimakasih kepada seluruh aparatur desa yang telah bekerja sama dalam membangun desa sehingga Sinar Rezeki naik menjadi desa yang berstatus Maju. 

"Terima kasih kepada seluruh aparatur yang telah bekerja sama dalam membangun desa dan melengkapi seluruh data sehingga akhirnya desa Sinar Rezeki bisa berstatus Maju,” ungkapnya

BACA JUGA:Waaw..!! Baru Dibuka, Kuota Pendaftaran PPDB SMPN 1 Liwa Sudah Terpenuhi

Lanjutnya, dirinya juga menambahkan bahwa salah satu yang menjadikan naik Status menjadi Desa Maju dikarenakan dari faktor kesehatan yaitu berdirinya Puskesmas Rawat Jalan yang ada di desa Sinar Rezeki.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: