Rasio Desa Berlistrik di Lampung Barat Capai 98,53 Persen

Rasio Desa Berlistrik di Lampung Barat Capai 98,53 Persen

Ilustrasi jaringan listrik-Freepik.com-

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Hingga saat ini Rasio Desa Berlistrik di Kabupaten Lampung Barat telah mencapai sebesar 98,53%, hanya dua pekon yaitu Pekon Roworejo dan Pekon Sidorejo Kecamatan Suoh yang belum teraliri listrik.

 

“Jadi dari 131 pekon plus lima kelurahan di Kabupaten Lampung Barat sesuai dengan data PT. PLN yang belum teraliri listrik tinggal dua pekon lagi,” kata Kabag Sumber Daya Alam (SDA) Setdakab Lambar Sri Wiyatmi, Jumat 9 Juni 2023.

 

BACA JUGA:FGSNI Kunjungi DPR RI, Pastikan Anggaran Inpassing 2023 Disetujui

Ia menjelaskan, menurut pihak PT. PLN (Persero) bahwa pekon/desa yang belum teraliri listrik adalah Pekon Sidorejo dan Pekon Roworejo Kecamatan Suoh sedangkan untuk pekon lainnya oleh PT. PLN dianggap sudah terpenuhi dari listrik PLN dan non PLN.  

 

“Sehingga sampai saat ini, Rasio Desa Berlistrik (RD) yang terlayani listrik di Kabupaten Lambar  telah tercapai 98,53 persen,” kata dia

 

BACA JUGA:Tujuh Peratin di Lampung Barat Berpotensi Gagal Maju di Pileg 2024

Menurut Sri, dalam rangka pemenuhan kebutuhan listrik khususnya di Pekon Roworejo dan Sidorejo pemerintah Kabupaten Lampung Barat telah berkoordinasi dengan PLN UID Lampung, PLN ULP Liwa, Dinas Kehutanan Provinsi Lampung dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), mengingat Pekon Roworejo dan Sidorejo berada di kawasan Hutan Lindung sehingga pembangunan nya memerlukan izin dari Kementerian terkait.

 

Lanjut dia, posisi saat ini secara prinsip Kementerian LHK telah mengizinkan pembangunan jaringan listrik sesuai dengan aturan yang berlaku diantaranya berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: