Belum Ada Akses Jembatan Menuju TPU Pemerihan, Aleg Akan Undang Pemkab Pesisir Barat Cek Lokasi

Belum Ada Akses Jembatan Menuju TPU Pemerihan, Aleg Akan Undang Pemkab Pesisir Barat Cek Lokasi

Masyarakat harus membawa keranda jenazah menyeberangi sungai menuju TPU Pemerihan--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Anggota legislatif (Aleg) DPRD Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) Daerah Pemilihan (Dapil) III dari Fraksi PDI Perjuangan, Mad Muhizar, telah berkoordinasi dengan DPRD Provinsi Lampung dari Fraksi PDI Perjuangan, perihal keluhan masyarakat yang menginginkan pembangunan jembatan untuk akses penyeberangan masyarakat terutama menuju lokasi Tempat Pemakaman Umum (TPU) di sungai Way Pemerihan, Pekon Pemerihan Kecamatan Bangkunat.

 

Mad Muhizar mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Peratin Pemerihan mengenai aliran sungai Way Pemerihan yang belum memiliki akses jembatan menuju ke TPU yang ada di seberang sungai itu. 

Sehingga menjadi kendala bagi masyarakat yang harus menyeberangi sungai baik dengan berjalan kaki maupun menggunakan rakit saat membawa jenazah untuk dimakamkan di lokasi TPU setempat.

BACA JUGA:APBD Lampung Barat 'Hidup' dari Dana Transfer, Rasio PAD Terhadap Total Pendapatan Hanya 6,86 Persen

“Karena itu, kami dari DPRD Pesbar rencananya akan mengundang Pemkab setempat melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk bersama-sama melakukan pengecekan ke lokasi akses penyebrangan warga di sungai Way Pemerihan itu,” katanya, Kamis 8 Juni 2023.

Dikatakannya, pengecekan dilakukan untuk mengetahui pasti kondisi wilayah yang menjadi akses warga menuju lokasi TPU yang harus menyeberangi aliran sungai karena belum adanya pembangunan jembatan di lokasi itu. 

Selain akan mengundang Pemkab setempat, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan DPRD Provinsi Lampung dari Fraksi PDI Perjuangan untuk dapat membantu masyarakat di wilayah tersebut, terutama dalam memperjuangkan agar di sungai Way Pemerihan itu bisa segera memiliki jembatan penyeberangan.

“Artinya, sudah ada dua solusi yakni dari DPRD Provinsi maupun dari Pemkab Pesbar untuk mengupayakan agar sungai Way Pemerihan itu bisa segera dibangun jembatan yang memang sangat mendesak,” ujarnya.

BACA JUGA:BPJN Beri 'Janji Palsu' Soal Lanjutan Proyek Pembangunan Resapan yang Mangkrak di Kembahang

Sehingga, kata dia, jika sudah memiliki jembatan penyeberangan nanti, tentu masyarakat tidak lagi kesulitan dan terkendala, bahkan tidak lagi langsung menyeberangi sungai saat hendak membawa jenazah warga menuju lokasi TPU. 

Terlebih saat musim hujan, jelas berdampak pada kondisi aliran sungai hingga banjir. Sedangkan, mengenai lokasi TPU yang informasinya masuk dalam kawasan hutan TNBBS itu mudah-mudahan tidak ada kendala.

“Yang pasti kita tetap akan berupaya semaksimal mungkin agar bisa segera dibangun jembatan penyeberangan di sungai Way Pemerihan menuju lokasi TPU masyarakat di Pekon Pemerihan tersebut,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, masyarakat Pekon Pemerihan Kecamatan Bangkunat, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) mengharapkan kepada Pemerintah, pusat dan daerah, untuk dapat membangun jembatan di sungai Way Pemerihan yang menghubungkan ke lokasi Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pekon setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: