Salurkan BLT DD Pekon Pagar Dewa, PLD Jelaskan Tujuan ADD Tahun Ini

Salurkan BLT DD Pekon Pagar Dewa, PLD Jelaskan Tujuan ADD Tahun Ini

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pekon Pagar Dewa, Kecamatan Pagar Dewa, Kabupaten Lampung Barat distribusikan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) Tahap l untuk Januari, Februari dan Maret bertempat di  balai pekon Jumat (26/5).

Dalam sambutannya, Peratin Pagar Dewa Rosdani mengajak masyarakat penerima bantuan agar dipergunakan sebagai modal pola Ketahanan Pangan Berbasis Keluarga. 

Seperti pengembangan bibit sayur tiga bulan panen, pembelian pupuk kandang 20/Kg Polybag mayur, sebagai upaya mengatasi ancaman paceklik panjang karena saat ini buah panen kopi sangat kurang. 

Sementara, Kasi PMP Misno, SE mendampingi Camat Mat Patoni, S.Ip, M.Si, mengatakan, tujuan BLT DD adalah untuk kemandirian ekonomi keluarga gunakan sehemat mungkin.

BACA JUGA:Hati-hati! 3 Kali Meninggalkan Shalat Jum'at Begini Hukumnya

Sehingga akan lebih baik selain untuk membeli bahan pokok pangan juga bisa dimanfaatkan sebagai modal peningkatan ekonomi berbasis keluarga seperti gagasan yang disampaikan peratin.

"Mari gunakan sebaik mungkin bantuan ini sehingga harapan pemerintah bisa tercapai sebagai ketahanan ekonomi keluarga miskin Ekstrem dari ancaman resesi," kata Misno.

Di tempat yang sama, Pendamping Lokal Desa (PLD) Pekon Pagar Dewa Arief Rohman Pekon Pagar mendampingi Peratin Pagar Dewa Rosdani kepada wartawan media ini mengatakan, pihaknya berharap semua bantuan langsung yang sifatnya Jaringan Pengaman Sosial (JPS) harus benar - benar sesuai dengan data yang ditentukan dari pekon.

Seperti layaknya BLT DD yang diverifikasi di pekon kemudian ditentukan oleh pekon dalam Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) yang melibatkan semua unsur baik pemerintah kecamatan, pekon Dan tokoh masyarakat, sehingga menjadi layak Dan akurat.

BACA JUGA:Resep Ayam Bakar Sederhana Akhir Bulan Buat Anak Kos Yang Lagi Buntu

"Kami tim pendamping desa saat ini sedang mendampingi aparat pekon melakukan pemutakhiran Indeks Desa Membangun (IDM) Tahun 2023, Pada Tahun ini pemutakhirannya lebih mendetail seperti terkait data pekon," ujar Arief.

Diantaranya data stunting, rumah tidak teraliri listrik dan rumah tidak layak huni. 

Data tersebut akan diinput oleh pekon dalam Web IDM Kemendes.

BACA JUGA:Disiksa Hampir Setiap Hari, 2 ART Pilih Kabur dari Rumah Majikan di Bandar Lampung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: