Pemkab Pesbar Siapkan Bantuan Untuk Korban Kebakaran

Pemkab Pesbar Siapkan Bantuan Untuk Korban Kebakaran

Pemkab Pesbar siapkan bantuan untuk korban kebakaran di Pekon Penggawa Lima Ulu, Kecamatan Karya Penggawa--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Sosial dan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) tengah menyiapkan bantuan untuk korban kebakaran di Pekon Penggawa Lima Ulu, Kecamatan Karya Penggawa.

Kadis Sosial Pesbar, Agus Triyadi, S.Ip., mengatakan dalam waktu dekat pihaknya akan menyerahkan bantuan untuk para korban kebakaran dalam bentuk uang tunai yang dapat dimanfaatkan para korban untuk memenuhi kebutuhan terutama dalam membangun kembali rumahnya.

“Tidak banyak bantuan yang akan kita siapkan, karena sesuai dengan aturan yang ditetapkan, bantuan untuk korban bencana alam dengan kategori berat sebesar Rp15 juta, sedang Rp10 juta dan ringan Rp5 juta,” kata dia.

BACA JUGA:Update Harga Emas 25 Mei 2023

Dijelaskannya, terdapat lima rumah yang terdampak musibah kebakaran yang terjadi pada April lalu, tiga diantaranya ludes terbakar dan termasuk rusak berat, sedangkan dua rumah lainnya hanya terdampak dan masuk dalam rusak ringan.

“Dengan melihat kondisi itu, tiga rumah yang rusak berat masing-masing akan mendapatkan bantuan sebesar Rp15 juta dan dua rumah yang rusak ringan akan mendapatkan Rp5 juta, sehingga total bantuan sebesar Rp55 juta,” jelasnya.

Menurutnya, penyaluran bantuan tersebut tidak dilakukan secara tunai, namun akan disalurkan melalui nomor rekening masing-masing korban. Hal itu untuk meminimalisir penyalahgunaan dana bantuan tersebut.

BACA JUGA:Jokowi akan Hadiri Pembukaan GTTGN di Lampung

“Penyaluran bantuan teta melalui buku rekening, namun nanti akan ada penyerahan simbolis yang rencananya akan dilakukan langsung oleh bupati,” terangnya.

Pihaknya berharap, bantuan tersebut nantinya bermanfaat untuk para korban, terutama dalam membangun kembali rumah mereka yang ludes terbakar beberapa waktu lalu. 

“Kami hanya bisa berharap bantuan ini benar-benar bermanfaat bagi para korban kebakaran, meski nilainya tidak terlalu besar,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: