Gelombang Panas Ekstrim di India, Jutaan Orang Terpanggang Suhu 45 Derajat Celsius

Gelombang Panas Ekstrim di India, Jutaan Orang Terpanggang Suhu 45 Derajat Celsius

Gelombang panas tengah melanda India, suhu pada siang hari mencapai 45 derajat celsius--

Bulan-bulan musim panas utama di India, yaitu April, Mei, dan Juni, selalu disertai cuaca panas di sebagian besar wilayah sebelum musim hujan membawa suhu yang lebih dingin. Namun, suhu udara dalam satu dekade terakhir ini menjadi lebih intens.

BACA JUGA:Kesesatan Terbongkar, Satu Persatu Santri Tinggalkan Ponpes Al Zaytun

Selama gelombang panas melanda, India sering kali mengalami kekurangan air yang parah, yang mengakibatkan puluhan juta dari total 1,4 miliar penduduknya kekurangan pasokan air bersih.

Studi oleh World Weather Attribution, sebuah kelompok akademik yang meneliti sumber panas ekstrem, menemukan bahwa gelombang panas yang melanda sebagian wilayah Asia Selatan pada bulan April memiliki kemungkinan terjadi setidaknya 30 kali lebih tinggi akibat perubahan iklim.

Panas ekstrem pada bulan April tahun lalu bahkan menyebabkan 13 orang tewas saat menghadiri acara pemerintah di Mumbai. Beberapa negara bagian juga terpaksa meliburkan sekolah selama seminggu.

Asia Selatan, menurut berbagai studi iklim global, dianggap sebagai salah satu kawasan yang paling rentan terhadap perubahan iklim di dunia. India, sebagai negara terbesar dan terpadat di kawasan tersebut, diketahui menjadi produsen gas emisi terbesar ketiga di dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: