Membanggakan, Ketua KWT Organik Warassakti Lampung Barat Terima Penghargaan dari Kemendagri

Membanggakan, Ketua KWT Organik Warassakti Lampung Barat Terima Penghargaan dari Kemendagri

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Ketua Kelompok Wanita Tani (KWT) Organik Warassakti, Pekon Cipta Waras, Kecamatan Gedung Surian Kabupaten Lambar Iwi Juwita, Rabu (17/5/2023) menerima penghargaan sebagai Perempuan Berjasa dan Berprestasi Bidang Pertanian tahun 2023 dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Umum Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASEA-KIM) Ny. Tri Tito Karnavial pada Puncak Acara Hari Kartini Tahun 2023 sekaligus Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 51 Tingkat Nasional di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara.

BACA JUGA:Pesisir Barat Kembali Raih Opini WTP Yang ke Empat

"Kita patut berbangga karena Ketua KWT Organik Warassakti Pekon Ciptawaras Iwi Juwita meraih penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri," ungkap Kabid Konsumsi, Penganekaragaman, Mutu dan Keamanan Pangan Kelana Indah Susilawati S.Shut, M.P mendampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Maidar, S.H, M.Si, Rabu (17/5/2023).

Ia mengungkapkan, Ketua KWT Organik Warassakti merupakan salah satu dari 10 orang yang mendapatkan penghargaan yang diberikan kepada perempuan berjasa dan berprestasi di Indonesia yang diinisiasi oleh Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE-KIM) dalam Bidang Pendidikan, Kesehatan, Sosial Budaya, Lingkungan Hidup, dan Pertanian.

BACA JUGA:Mantap, Pemkab Lambar Raih WTP ke-13 Berturut Turut Tanpa Catatan

Hal itu sesuai dengan surat Kementerian Dalam Negeri RI Nomor : 100.1.1/3569/OTDA Tanggal 11 Mei 2023 Perihal Penyampaian 10 Nama Perwakilan Penerima penghargaan.

"Ketua KWT Organik Warassakti Iwi Juwita memiliki inovasi yaitu penggerak budidaya sayuran organik bagi masyarakat khususnya ibu rumah tangga di lingkungannya, aktif dalam Komunitas Kampung Literasi Organik Warassakti serta Pengembangan Trichoderma dan Jamur Beauveria Bassiana untuk mengendalikan hama dan penyakit tanaman," ujar Indah sapaan Indah Kelana Susilawati.

BACA JUGA:SMAN 1 Way Tenong Lepas 260 Siswa TP 2023, Jonisdar Apresiasi Prestasi yang Ditoreh

Indah berharap dengan diterimanya penghargaan bidang pertanian dari ibu negara sebagai ketua OASE-KIM tersebut diharapkan menjadikan motivasi bagi kaum perempuan terutama KWT-KWT lainnya di Kabupaten Lampung Barat untuk terus berkarya. 

Selain itu, diharapkan produk sayuran organik dari KWT Organik Warassakti semakin dikenal oleh masyarakat luas sehingga dapat meningkatkan permintaan pasar dan omset penjualan yang pada akhirnya meningkatkan ekonomi masyarakat. 

BACA JUGA:Uang Kertas Kuno Rp100 Masih Jadi Buruan Pencinta Uang Kuno dengan Harga Fantastis

"Saya juga berharap budidaya organik ini semakin berkembang di Lampung Barat sehingga selain menjadi sentra sayuran konvensional, Lampung Barat ke depan juga menjadi sentra sayuran organik. Ini sangat dimungkinkan karena sangat didukung oleh agroekosistem yg dimiliki Lampung Barat," pungkas dia.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: