Tingkatkan PAD, Pemkab Lambar Sudah Pasang Puluhan Unit Tapping Box

Tingkatkan PAD, Pemkab Lambar Sudah Pasang Puluhan Unit Tapping Box

Kepala BPKD Lambar Ir. Okmal, M.Si--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dalam rangka meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD), Pemkab Lambar bekerjasama dengan Bank Lampung telah melakukan pemasangan tapping box sebanyak 25 unit di rumah makan atau restoran yang tersebar di kabupaten setempat.

“Sudah ada 25 unit Tapping Box yang telah terpasang di 16 rumah makan/restoran dan 9 hotel/losmen di Lampung Barat. Pemasangan 25 unit Tapping Box itu dilakukan sejak tahun 2021 hingga 2022 lalu,” ujar Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Ir. Okmal, M.Si, Kamis (11/5/2023).

BACA JUGA:Resmi PDI Perjuangan Daftarkan 25 Bacaleg ke KPU Pesbar

Untuk tahun ini, lanjut Okmal, pihaknya telah mengusulkan ke Bank Lampung melalui Corporate Social Responsibility (CSR) untuk 35 unit Tapping Box.

“Kita sudah usulkan CSR berupa Tapping Box ke Bank Lampung sebanyak 35 unit dan berapa yang akan direalisasikan kita masih menunggu,” harapnya.

BACA JUGA:Pemberkasan 481 CPPPK Guru Rampung, Ini Tahapan Selanjutnya

Menurut Okmal, pemasangan alat perekam data transaksi usaha itu sebagai wujud pengawasan terhadap setoran pajak hotel dan restoran dalam rangka meningkatkan PAD Kabupaten Lambar.  

“Dengan adanya pemasangan Tapping Box tersebut, maka akan diketahui berapa pajak yang harus dibayarkan pemilik hotel dan restoran. Artinya pihak hotel dan restoran tidak bisa bermain main dengan pajak dan pembayarannya langsung disetor ke rekening kas daerah,” tegasnya.

BACA JUGA:Dana Desa Tahap I Rp9,894 Miliar di Lambar Cair

Sekadar diketahui, sebanyak 25 unit Tapping Box itu antara lain dipasang di Rumah Makan Sabah Beghak, Lesehan Pondok Pinus, rumah makan (RM) Palembang, Dievha Cafe, Ibung Nov Cafe, Lesehan Aminatul Jannah, RM. Sederhana, RM. Kuningan, Restoran Kang AEF, RM. Gigin. 

Kemudian, RM. Madani, RM. Jejama, RM Lamban Kayu, RM Puncak, Hotel Chandra, Hotel Sumber Asih, Hotel Vinus, Hotel Sahabat Utama, Hotel Pesagi, Hotel Jembar Manah serta Hotel Ono.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: