Hari Ke-2 Bimbingan Manasik, CJH Lambar Ikuti Materi Kesehatan

Hari Ke-2 Bimbingan Manasik, CJH Lambar Ikuti Materi Kesehatan

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Memasuki hari kedua manasik haji, sebanyak 651 Calon Jemaah Haji (CJH) mengikuti materi terkait kesehatan yang disampaikan langsung oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Barat, bertempat di Gor Aji Saka, kawasan sekuting terpadu, Pekon Watas, Kecamatan Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat Kamis (11/5/2023).

Dalam upaya kelancaran mengikuti kegiatan haji, Kankemenag berkolaborasi dengan Pemda setempat yang dalam hal ini mendatangkan langsung Dinas Kesehatan untuk memberikan pemaparan seputar kesehatan CJH.

BACA JUGA:Tanggulangi Penyebaran Penyakit LSD pada Sapi, UPT Puskeswan Tunggu Kedatangan Vaksin

Dalam materinya, Kabid Sumberdaya Kesehatan (SDK) pada Dinkes Lambar Ruspan Ali menyampaikan tentang tanggung jawab pemerintah dalam penyelenggaraan haji serta perlunya pembinaan, pelayanan dan perlindungan bagi jemaah haji di tanah air dan Arab Saudi.

“CJH harus bisa menjaga kesehatan dengan berkonsultasi pada dokter ataupun tenaga Kesehatan yang ada. Hal ini dikarenakan perbedaan cuaca yang sangat tajam antara di indonesia dengan di Arab Saudi, dan yang terpenting dalam menjalankan ibadah haji adalah meluruskan niat untuk mengharap ridho dari Allah SWT," jelasnya.

BACA JUGA:Arinal : Bahasa Daerah Harus Dipertahankan, Jangan Sampai Memudar dan Menghilang

Selain itu, Ruspan membekali para Calon jemaah haji dibekali dengan pembinaan proses pemberian informasi kepada Calon Jemaah Haji yang bersifat promotif dan preventif mengenai pembinaan, pelayanan dan perlindungan kesehatan haji.

“Proses tersebut dilaksanakan secara holistik, mulai saat para jemaah belum berangkat ke Tanah Suci, selama prosesi ibadah haji, maupun setelah ibadah haji selesai dilaksanakan, hingga para jemaah tiba di rumah masing-masing,” imbuh dia.

BACA JUGA:Pilratin di Lambar Diharapkan Terlaksana Tahun Ini

Sementara, Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Firdaus Sablie menambahkan bahwa jajaran Kemenag bersama Pemkab lambar meminta agar para CJH untuk dapat memahami alur perjalanan ibadah haji, sehingga dapat menyempurnakan rangkaian ibadah hajinya saat berada di Tanah Suci.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: