Asal-usul Legenda Ratu Pantai Selatan dan Mitos Larangan Baju Hijau

Asal-usul Legenda Ratu Pantai Selatan dan Mitos Larangan Baju Hijau

Putri Kadita akhirnya memutuskan untuk tinggal di laut selatan dan membangun istana sendiri lengkap dengan ribuan pasukannya.--

BACA JUGA:Manfaat Jahe Emprit Bagi Kesehatan Tubuh

Marah karena permintaannya ditolak, Dewi Mutiara akhirnya pergi ke hutan untuk menemui dukun sakti. 

Ia meminta bantuan sang dukun untuk menyingkirkan Putri Kadita dengan cara membuat sang putri terkena penyakit.

Benar saja, suatu hari seluruh tubuh Putri Kadita dipenuhi dengan bercak bernanah yang tak dapat disembuhkan oleh tabib terbaik sekali pun.

Di tengah kemalangan Putri Kadita, Dewi Mutiara menghasut Prabu Siliwangi agar mengasingkan Putri Kadita dengan alasan takut penyakit tersebut menular.

BACA JUGA:Manfaat Teh Ginseng Untuk Kesehatan

Pada akhirnya Putri Kadita pergi dari istana dan bertapa di hutan. Disaat itulah ia mendengar bisikan yang memintanya pergi ke pantai selatan. 

Sesampainya di pantai selatan, bisikan tersebut muncul kembali dan menyuruh Putri Kadita untuk menceburkan diri ke laut.

Menuruti perintah tersebut, Putri Kadita pun menceburkan diri ke laut selatan. Ajaibnya, penyakit kulit di tubuh Putri Kadita pun sembuh dengan seketika. 

Ia akhirnya memutuskan untuk tinggal di laut selatan dan membangun istana sendiri lengkap dengan ribuan pasukannya. Kini Putri Kadita dikenal sebagai Nyi Roro Kidul atau Ratu Pantai Selatan.

BACA JUGA:Penyebab dan Cara Mengobati Scabies pada Kucing

Konon katanya, Nyi Roro Kidul sangat tidak menyukai jika ada orang-orang yang datang ke pantai selatan mengenakan pakaian berwarna hijau. 

Oleh karena itu, orang-orang yang ingin berenang di Pantai Selatan Jawa diharapkan untuk menghindari memakai pakaian berwarna hijau agar tidak mengganggu Nyi Roro Kidul.

Nyi Roro Kidul dipercaya dapat menarik orang ke dalam laut jika orang tersebut memakai pakaian berwarna hijau. 

Di sekitar Pantai Selatan Jawa terdapat beberapa tempat yang dianggap sebagai tempat tinggal Nyi Roro Kidul, seperti Goa Jepang, Pantai Parangtritis, dan Pantai Baron.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: