Bawaslu Pesbar Selenggarakan Pembinaan dan Penguatan Kelembagaan

Bawaslu Pesbar Selenggarakan Pembinaan dan Penguatan Kelembagaan

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) menyelenggarakan kegiatan rapat pembinaan dan penguatan kelembagaan Bawaslu, di aula Sartika Guest House, Pekon Seray Kecamatan Pesisir Tengah, Senin (8/5/2023).

Hadir dalam kegiatan itu, Ketua Bawaslu Pesbar Heri Kiswanto, anggota Bawaslu Pesbar Irwansyah, serta seluruh Panwascam se-Kabupaten setempat dan pihak terkait lainnya. 

Hal itu dilaksanakan salah satunya bertujuan untuk menanamkan jiwa kepemimpinan dan kemampuan dalam pelaksanaan tugas, dan memberikan penguatan budaya kerja soliditas, integritas, mentalitas dan profesionalitas, serta untuk peningkatan kapasitas SDM Bawaslu Kabupaten setempat.

Selain itu, dalam rangka untuk pembinaan, penyamaan persepsi, peningkatan kapasitas dan kualitas pengawas pemilu, membangun komunikasi, pengorganisasian dan pemberian bekal dalam melaksanakan tugas, wewenang dan kewajiban untuk menyukseskan Pemilu 2024.

BACA JUGA:PKS Pesbar Resmi Daftarkan 25 Bacaleg ke KPU

Ketua Bawaslu Kabupaten Pesbar, Heri Kiswanto, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Visi Bawaslu menjadi lembaga Pemilu yang terpercaya, kalau Bawaslu tidak dipercaya oleh masyarakat, maka hasil-hasil Pemilu juga tidak dipercaya. 

Dalam perjalanan menuju kepercayaan tersebut maka Bawaslu melakukan penguatan kelembagaan, meningkatkan kapasitas, dan memahami tugas dalam pengawasan, pencegahan dan penindakan.

“Sehingga kita harus banyak belajar dan diskusi bersama. Dengan begitu masyarakat percaya kepada Bawaslu dalam pengawasan sesuai dengan aturan yang ada,” katanya.

Dikatakannya, Bawaslu merupakan lembaga penyelenggara Pemilu yang memiliki kewenangan kompleks mulai dari pencegahan pelanggaran, pengawasan seluruh tahapan Pemilu, penanganan pelanggaran Pemilu dan penyelesaian sengketa proses Pemilu.

BACA JUGA:Sembilan Parpol di Lambar Serap Dana Bantuan Keuangan Parpol

“Dapat diartikan bahwa Bawaslu adalah penjamin kualitas Pemilu. Kewenangan yang begitu kompleks di lembaga ini harus diimbangi dengan pengawas Pemilu yang memiliki kualitas dan kapasitas yang baik,” ujarnya.

Ditambahkannya, kemampuan dan keahlian dalam penyelenggaraan Pemilu, ketatanegaraan, dan pengawasan Pemilu tentunya sangat diharapkan. 

Bawaslu sebagai lembaga penyelenggara Pemilu yang semakin besar tugas dan kewenangannya, pasti memiliki banyak tantangan yang dihadapi. 

Baik tantangan terkait kualitas, profesionalitas dan integritas pengawas Pemilu, sistem kesekretariatan, dan pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: