Bambang Pimpin Rakor FKP Regsosek Songsong Sensus Pertanian Air Hitam

Bambang Pimpin Rakor FKP Regsosek Songsong Sensus Pertanian Air Hitam

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) menggelar rapat koordinasi (rakor) Forum Konsultasi Publik (FKP), Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) dalam rangka persiapan sensus pertanian Tahun 2023 di aula kantor Kecamatan Air Hitam Rabu (3/5). 

Acara tersebut dihadiri oleh Camat Air Hitam Bambang Hermanto, S.Pdi, M.M., Kapolpos Air Hitam Aiptu Agus L. Kapos Babinsa Serka Ruswan dan petugas BPS Lampung Barat Lukman, serta seluruh peratin tersebar di Kecamatan Air Hitam. 

BACA JUGA:Sebelumnya Jadi Jalur Gajah, Gunung Ayem Kini Dibuka untuk Wisata

Seperti diketahui hasil pendataan awal Regsosek yang telah dilaksanakan oleh BPS pada Oktober 2022 lalu yang bertujuan untuk menyediakan basis data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi, dan tingkat kesejahteraan.

Lukman menyampaikan bahwa pemanfaatan data kondisi ekonomi seluruh penduduk ini akan membantu program pemerintah sehingga bisa berjalan efektif, baik program kesehatan, pendidikan, kewirausahaan, dan lain lain.

BACA JUGA:Pemprov Lampung Mulai Perbaiki 14 Ruas Jalan Prioritas

Untuk itu, diperlukan data yang faktual dan akurat. Keakuratan itu tentu ketika pendataan dilakukan secara nyata, faktual, dan ada unsur kejujuran.

Harapannya, dengan pendataan regsosek itu menjadi basis data utama. Yang nantinya akan digunakan sebagai rujukan kebijakan pemerintah untuk menyusun perencanaan kedepan.

BACA JUGA:Bantuan Beras CPP untuk 172 KPM di Pekon Turgak Dibagikan

Lanjut dia, keterlibatan masyarakat menjadi hal penting untuk mendapat kesepakatan bersama sehingga ketika dikeluarkan kebijakan yang berbasis data, tidak ada kontra produktif dengan hal yang ada di lapangan ditengah masyarakat. 

Momentum ini juga sebagai wadah untuk mensosialisasikan kerja-kerja dan kebijakan pemerintah serta meminimalisir kekeliruan dalam penyusunan kebijakan.

BACA JUGA:Ini Sanksi Pidana, Jika Parpol Tidak Patuhi Regulasi Dalam Pengajuan Bacaleg

Sementara Camat Bambang menekankan bahwa FKP Regsosek ini adalah upaya pengambilan keputusan yang sangat penting dalam mengambil sikap bersama dan keputusan bersama untuk selanjutnya menjadi titik langkah mensukseskan FKP di tingkat pekon, yang melibatkan Pemangku, RT, Tokoh Masyarakat, LHP dan perangkat/unsur penting lain. 

Untuk itu pihaknya meminta peratin mendukung secara penuh dan dapat memfasilitasi, mengawasi dan membersamai kegiatan sensus ini, agar bergandeng tangan sehingga mampu mewujudkan data faktual akurat yang dapat dijadikan landasan dalam pengambilan kebijakan oleh pemerintah maupun organisasi-organisasi lain yang membutuhkan data rujukan dalam menyusun program masing-masing di pekon dalam wilayah Kecamatan Air Hitam.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: